Jakarnaval 2018 Berlangsung Meriah

By Ismed Nompo July 08, 2018 333
Jakarnaval 2018 Berlangsung Meriah Senyum sumringah para peserta pawai Jakarnaval 2018 (Ibonk)

Seperti yang sudah diprediksikan sebelumnya, gelaran Jakarnaval 2018 yang dihadirkan kembali untuk merayakan HUT Ke-491 Kota Jakarta berlangsung meriah dengan medulang antusiasme masyarakat dari berbagai penjuru Jakarta. Pada penyelenggaraan ke-19 ini, Jakarnaval tidak hanya menampilkan pawai budaya semata, namun juga mempromosikan perhelatan Asian Games dan Asian Para Games 2018 mendatang. 

Lewat tema The Spirit of Jakarta, Jakarnaval khusus membawa semangat kesuksesan Jakarta sebagai tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games 2018. "Ini adalah momentum baik bagi warga Jakarta dan bangsa Indonesia secara keseluruhan. Bersatu dalam berbagai keragamannya, untuk dapat meraih prestasi di dalam arena, maupun menjaga reputasi sebagai tuan rumah yang baik," ungkap Gubernur DKI, Anies Baswedan dalam sambutannya. 

Gubernur DKI Anies Baswedan tengah memberikan kata sambutan pada pembukaan Jakarnaval 2018 IbonkGubernur DKI Anies Baswedan tengah memberikan kata sambutan pada pembukaan Jakarnaval 2018 (Ibonk)

Sekitar 4.000 peserta pawai tampak terlibat untuk memeriahkan Jakarnaval 2018, meliputi karnaval seni dan budaya serta parade 70 kendaraan hias dari berbagai komunitas dan instansi lintas sektoral, dengan atraksi utama yaitu pasukan pembawa bendera 45 negara peserta Asian Games yang didampingi oleh Abang-None Jakarta.

Acara diawali dengan penampilan dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang mengendarai motornya sembari memutari jalanan. Selanjutnya diikuti berbagai tarian-tarian khas Betawi. Jakarnaval sendiri diikuti oleh semua unsur SKPD, BUMD, atlet Asian Para Games, seniman hingga perwakilan daerah. 

Iring iringan peserta pawai Jakarnaval 2018 IbonkIring-iringan peserta pawai Jakarnaval 2018 (Ibonk)

Peserta Jakarnaval 2018 sendiri terbagi menjadi dua rute. Pawai dengan berjalan kaki akan dimulai dari depan Balaikota, mengitari Patung Arjuna Wijaya, melewati Kantor RRI, dan berakhir di Sisi Barat Silang Monas. Sedangkan pawai kendaraan hias akan dimulai dari depan Balaikota Jakarta, mengitari Patung Arjuna Wiwaha, melewati kantor RRI, kemudian mengakhiri pawai di Harmoni.

Menurut Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Jakarnaval 2018 adalah wujud kesiapan Jakarta sebagai tuan rumah untuk perhelatan olahraga akbar Asian Games dan Asian Para Games 2018 mendatang./ JOURNEY OF INDONESIA