Single 2, Pilih Jomblo Atau Menikah

By Yulia June 02, 2019 276
Single 2, Pilih Jomblo Atau Menikah Single 2 (Ist)

Satu lagi film karya sineas muda Raditya Dika yang lekat dengan unsur komedi, segera tayang jelang lebaran 2019, Single 2. Film peninggalan tentang seorang jomblo ini yang ditulisnya sebelum melepas status lajang akan segera tayang di tanggal 4 Juni 2019.

Single 2 merupakan sekuel film sebelumnya yang berjudul sama, dimana Raditya Dika berperan sebagai sutradara, penulis, sekaligus sebagai pemain utama yang berperan sebagai Ebi. Kisahnya pun melanjutkan film Single (2015) dan mengikuti perjalanan Ebi (Raditya Dika) yang berjuang mendapatkan seorang kekasih.

"Film ini saya tulis sebelum nikah, jadi pas memang lagi single-singlenya. Benar gak sih ternyata single lebih happy dari pada menikah?," ujar penulis yang baru saja dikaruniai seorang anak itu di acara gala premier film Single 2, di kawasan Senayan, Jakarta Selatan pada Sabtu (1/6/2019).

Kisah berawal dari seorang Ebi yang hampir berusia 30 tahun namun masih melajang tanpa pernah merasakan pacaran seperti pria kebanyakan di usianya tersebut. Namun, Ebi sebetulnya sangat ingin merasakan mempunyai kekasih dan menjalin hubungan asmara, tanpa tahu bagaimana caranya dalam mendekati seorang wanita.

Ebi bertekad sebelum usia 30 tahun, ia harus sudah mempunyai kekasih dan tidak jomblo lagi. Apalagi sang ibu yang selalu menanyakan status singlenya kepada sang adik, Alva yang terlebih dahulu sudah menikah.

Salah satu adegan film Single 2 IstSalah satu adegan film Single 2 (Ist)

Ebi sama sekali buta dalam hal menggaet wanita, dibantu temannya Johan (Yoga Arizona) dan Nardi (Ridwan Remin) keduanya berusaha mencarikan jodoh buat Ebi.

Di film sebelumnya, Ebi diketahui mempunyai sahabat perempuan yang bernama Angle (Annisa Rawles). Sayangnya Angle meneruskan sekolahnya di Bali, sementara Ebi tinggal di Jakarta dan bekerja sebagai stand up comedian di salah satu cafe di Jakarta. Keduanya kerap terlibat komunikasi jarak jauh, dan hampir tiap hari saling bertukar kabar. Ebi sebetulnya menyukai Angle, namun lagi-lagi jika berniat ingin menembak dan menyatakan cintanya pada Angle, sifatnya yang pemalu tidak pernah berhasil menyatakan cintanya.

Suatu hari Ebi pun mencari cara bagaimana caranya mengungkapkan isi hatinya kepada Angle. Namun belum lagi ia utarakan, ternyata Angle telah menemukan pria yang menyukainya. Ebi pun kecewa dan mencari pelarian kepada wanita lain. Iapun bertemu dengan anak pemilik laundry langganannya, Alika (Mentari Novel). Dari sinilah pengalamannya menghadapi perempuan dimulai. Bagaimana kisah Ebi selanjutnya? Dapatkah ia menemukan tambatan hatinya?

Jika di film sebelumnya, tokoh sahabat Ebi ada Panji Pragiwaksono dan Bebi Chabita, di Single 2 ada Johan, Nardi, dan Alika yang diperankan oleh Yoga Arizona, Ridwan Remin dan aktris pendatang baru, Mentari Novel.

Berbeda dengan karakter Ebi sebelumnya, di Single 2 ini Ebi menimbang lebih enak hidup menjomblo atau menikah. Dari sisi akting masing-masing karakter berperan cukup baik. Karakter Ebi yang jomblo, masih sangat baik diperankan oleh Raditya Dika. Sosok Ebi yang cemen namun jenaka ini membuat image yang dibawakannya sangat cocok dengan kegelisahan anak muda sekarang yang merepresentasikan tentang seorang jomblo.

Dari awal film banyak jokes yang out of the box, kalimat dan kejadian yang biasa terjadi di kehidupan sehari-hari mampu membuat penonton tertawa. Namun, jalan cerita di pertengahan film terkesan agak lambat. Tidak seperti film sebelumnya yang menampilkan beberapa konflik, di Single 2 nyaris tidak ada. Sosok Ebi di sini juga seharusnya dibuat lebih dewasa dari film sebelumnya, tapi malah terlihat semakin lugu. Over all comedy act yang ditampilkan oleh beberapa pemain baru terlihat natural begitupun dengan unsur romance-nya di film ini. Terlihat Raditya Dika tidak merubah situasi ini sama dengan film sebelumnya.

Film ini memberikan pilihan, secara realita memperlihatkan bagaimana seseorang yang terlalu lama sendirian memilih dan mengambil keputusan setelah melihat realitas cinta dan kehidupan. Single 2 menjadi salah satu pilihan alternatif hiburan di moment Idul Fitri 2019. Akankah Single 2 melampaui jumlah penonton film sebelumnya? Kita tunggu saja./ JOURNEY OF INDONESIA