Rilis Ulang 'Nusaniwe', Barry Likumahuwa Tampilkan Tedy Adithya dan Renewal

By Ismed Nompo October 09, 2021 432
Rilis Ulang 'Nusaniwe', Barry Likumahuwa Tampilkan Tedy Adithya dan Renewal Barry Likumahuwa - Nusaniwe feat. Teddy Adhitya & Renewal (Ist)

Mengambil momentum hari jadi Kota Ambon yang jatuh pada tanggal 7 September silam, Barry Likumahuwa melakukan kolaborasi bersama Teddy Adhitya & grup vokal Renewal. Dalam kegiatan tersebut, mereka merilis versi gubahan ‘Nusaniwe’.

Momen merilis Lagu ‘Nusaniwe’ ini bagi Barry Likumahuwa, sekaligus menjadi persembahan untuk mengenang seorang musisi legendaris asal Maluku, Yopie Latul, yang berpulang pada 9 September 2020 lalu.

Momen penghargaan ini sehubungan dengan fakta bahwa pada tahun 1982, mendiang Yopie Latul sempat merilis lagu ‘Nusaniwe’ dalam album "Ambon Jazz Rock" bersama Funk Section dengan mendiang Christ Kayhatu, mendiang Embong Rahardjo, mendiang Djoko WH, Yance Manusama dan Karim Suweileh. Pada masa itu album "Ambon Jazz Rock" sangat populer dan mendapat tempat khusus di hati para pendengar musik Indonesia yang bahkan tidak berdarah Maluku.

Re-interpretasi Barry terhadap lagu 'Nusaniwe' ini tentunya memberikan nafas baru bagi lagu lawas ini. Sentuhan Barry yang memang kental dengan sentuhan Funk/ Jazz nya, juga sedikit eksplorasi alat musik tradisional Maluku Tifa yang memberi nuansa neo-tradisi, ditambah vokal dari Teddy Adhitya dengan karakter yang unik, dipermanis lagi oleh harmonisasi vokal dari Renewal.

Hasil akhirnya lagu ini bagaikan sebuah karya baru yang relevan dengan zaman. Sampai hari ini, album Ambon Jazz Rock masih diapresiasi sebagai salah satu album City Pop Indonesia terbaik, disandingkan bersama karya-karya dari Candra Darusman, Chaseiro & Fariz RM.

Lagu 'Nusaniwe' diproduseri oleh Barry Likumahuwa dengan co-producer Beno Louloulia, sedangkan untuk proses mixing dan mastering dikerjakan oleh Joseph Saryuf (Sinjitos Collective). rilisan kolaborasi dari NARNERA Music & BeatLuz Music./ JOURNEY OF INDONESIA