Tunjukkan Cinta Tanah Air, Ayu Azhari Angkat Kuliner Nusantara Lewat Lagu

By Ibonk October 22, 2021 410
Tunjukkan Cinta Tanah Air, Ayu Azhari Angkat Kuliner Nusantara Lewat Lagu Ayu Azhari saat mengenalkan album terbaru miliknya (Yayok)

Sebagai bangsa yang besar, sudah menjadi kewajiban bagi setiap warganegaranya untuk mencintai tanah airnya. Tidak harus dengan cara lebay, lewat pola kehidupan sehari-hari saja itu sudah lebih dari cukup, seperti dengan mencintai kuliner nusantara.

Cara inilah yang coba dilakukan oleh artis Ayu Azhari melalui peluncuran album lagu bertema kuliner yang dilatarbelakangi kecintaannya terhadap Indonesia. Lewat album ini, Ayu ingin mengenalkan kembali beraneka ragam makanan khas Indonesia melalui alunan musik.

Ditemui di acara "Pengembangan Potensi Kuliner Lokal Untuk Ketahahan Pangan dan Ekonomi Kreatif" yang berlangsung di Studio Mini Ngopi Daring Bela Negara, di bilangan Jakarta Pusat, Ayu Azhari menjelaskan bahwa Indonesia mempunyai banyak macam kuliner. Hal inilah yang menggelitik batinnya untuk segera menerbitkan album ayarnya ini.

"Amat banyak ragam masakan nusantara. Kebetulan ada yang belum dikenal seperti makanan dari Bangka, orang kan enggak tahu apa itu Lempah Darat. Ternyata itu seperti Sayur Asem kalau di Jawa tetapi mungkin hanya beda bumbu. Saya mencoba memperkenalkan kembali ikon-ikon yang jadi produk unggulan. Mudah-mudahan bisa memperkaya khasanah kuliner Indonesia. Dengan adanya lagu-lagu, orang jadi inget, tinggal cari di google, anak-anak muda sekarang kan gitu, jadi mereka akan kenal,“ ujarnya antusias.

Hal senada juga disampaikan oleh Harry ‘Koko’ Santoso selaku salah seorang penggagas ide ini, bahwa Ayu Azhari memiliki momentum bagus, ditambah lagi dirinya bekerjasama dengan musisi hebat yang bisa menyokong karya-karyanya ini.

Direktur Bela Negara Ditjen POTHA Kemenhan Brigjen TNI Dr. Jubei Rianto dan Ayu Azhari GiokDirektur Bela Negara Ditjen POTHA Kemenhan, Brigjen TNI Dr. Jubei Rianto dan Ayu Azhari (Giok)

"Ayu Azhari disini bekerjasama dengan Roberto yang bertanggungjawab mengaransemen ulang musik di lagu-lagu dalam album ini. Juga ada Devian yang juga menyandang pendidikan di Boston Music dari tahun 1999 balik ke Indonesia, sudah main dan kerjasama cukup lama.”

Sementara Direktur Bela Negara Ditjen POTHA Kementerian Pertahan, Brigjen TNI Dr. Jubei Rianto mengungkapkan, “Hari ini launching terkait lagu-lagu kuliner, perlu kita besarkan, karena salah satu nilai-nilai bela negara adalah cinta tanah air. Nah lagu-lagu kuliner ini adalah salah satu bentuk aksi nyata bela negara. Dengan menyanyi lagu-lagu kuliner ini, kita akan bangga dengan produk dalam negeri khususnya makanan.“

Dalam album ini Ayu menyertakan 10 buah lagu. Alasan pemilihan 10 lagu tersebut, Ayu menjelaskan, “Sebenarnya ada lebih, namun ini terkait dengan pemilik dan perizinan. Sampai ada orang luar negeri bikin lagu ‘Nasi Padang’, dia jatuh cinta sama Nasi Padang ya. Kalau lagu-lagu saya ini sudah ada dari tahun 50-an, 60-an, jadi bukan lagu saya pribadi tapi recycle. Jadi sebenarnya ada banyak,” ungkap Ayu.

“Lagu-lagunya mengusung tema makanan tradisional dari Betawi, Jawa, dan Sumatera. Untuk hari ini aku bawakan lagu 'Soto Madura' dan 'Pempek Lenjer', lagu selanjutnya tunggu saja ya,” janji Ayu saat peluncuran lagu dan talk show tersebut./ JOURNEY OF INDONESIA