Ikuti Sukses Albumnya, Yura Yunita Rilis Video "Pertunjukan Tutur Batin"

By Morteza Syariati Albanna October 30, 2021 194
Ikuti Sukses Albumnya, Yura Yunita Rilis Video "Pertunjukan Tutur Batin" Salah satu adegan dalam video Pertunjukan Tutur Batin (Ist)

Sejak merilis album "Tutur Batin" pada 22 Oktober silam, album yang dibagikan di platform musik digital tersebut langsung melejit dan sudah diputar lebih dari 30 juta kali. Kini, Yura Yunita melanjutkan suksesnya dengan merilis video "Pertunjukan Tutur Batin", yang merupakan visualisasi dari 11 lagu yang ada di dalam album "Tutur Batin."

Yura menjahit masing-masing lagu menjadi satu kesatuan untuk menyampaikan pesan yang dikandung secara keseluruhan karyanya. Melalui Pertunjukan Tutur Batin, ia menuturkan kisah dari berbagai fase hidupnya.

“Kangen banget rasanya. Udah lama juga nggak bikin konser sendiri, dengan konsep kreatif yang sudah aku idam idamkan sejak lama. Dan ini saat yang tepat untuk melakukan pertunjukan virtual untuk selebrasi dari album ketigaku, ” kata Yura Yunita pada Jum'at (29/10).

Yura membuat pembabakan set ke beberapa fase penting yang jadi satu kesatuan tidak terpisahkan. Mulai dari perkenalan masalah, lanjut ke five stages of grief, hingga bisa menerima semua proses yang terjadi. “Ada denial, depression, anger, bargaining, depression dan setelah melewati semuanya, bertemu acceptance untuk kemudian bangkit lagi dan merayakan semua proses kehidupan,” jelasnya.

Untuk ide kreatif, Yura bekerja sama dengan Donne Maula, yang ikut menggarap album Tutur Batin.

Yang spesial, seluruh proses pengambilan gambar dilakukan di kota kelahiran Yura, Bandung. “Banyak inspirasi yang tercipta saat aku di Bandung, setiap sudutnya menyimpan banyak memori. Menulis dan merekam lagunya pun, banyak tercipta saat aku disini. Jadi Pertunjukan Tutur Batin yang pertama ini, aku awali di kota kelahiranku. Bandung,” ujarnya.

“Dalam pertunjukan ini, aku telanjang kaki. Biar lebih dekat dengan alam. Akan ada banyak elemen hijau-hijau dari alam yang bisa buat kita sebagai manusia lebih tenang, lebih kalem dan teduh,” tutupnya.

Seperti diketahui, sebelas lagu yang ada di album Tutur Batin digarap dari beberapa sudut pandang produser musik. Mayoritas didalangi oleh Iwan Popo dan Ari Rinaldi, produser musik legendaris asal Bandung yang memang sudah bekerjasama dengan Yura untuk durasi yang lama./ JOURNEY OF INDONESIA