Konser Indonesia Bersatu, Tumbuhkan Rasa Persatuan

By Yulia May 25, 2019 195
Konser Indonesia Bersatu, Tumbuhkan Rasa Persatuan Preskon Konser Indonesia Bersatu (Yulia)

Usainya pesta demokrasi di Tanah Air tidak serta merta membuat keadaan menjadi kondusif. Timbulnya bukti indikasi kecurangan, lemahnya sistem dan berbagai kejadian seusai Pemilu membuat keadaan berubah menjadi panas. Demokrasi pun ternoda dan kubu masing-masing paslon menjurus saling tuding, yang akhirnya menjurus kedalam perpecahan kebangsaan. Hal ini tentunya menjadi perhatian bersama, termasuk di lingkungan para musisi, seniman dan elemen masyarakat.

Berangkat dari keprihatinan ini, para seniman dan sekelompok musisi bakal menggelar sebuah konser musik yang bertajuk "Indonesia Bersatu" yang digawangi oleh Bayu Putra, Mujib Hermani, Harry "Koko" Santoso, Iis Rodinda, Didik Suwondo, David, dan beberapa nama lainnya.

"Berawal dari rasa lelah dengan kondisi saat ini, begitu saya dengar lagu Iis kok seperti ada oase. Pemilu itu kan ajang 5 tahun sekali, tapi dampaknya akan berbahaya bagi kelangsungan Indonesia kedepannya dan dapat merusak tatanan yang sudah ada selama ini. Ini bukan sekedar konser musik, tapi perayaan bagi masyarakat Indonesia untuk bersatu kembali," kata Bayu Putra kepada awak media di kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan pada Jumat (25/5/2019).

Lagu 'Indonesia Bersatu' yang diciptakan Iis Rodinda dilatarbelakangi akan keresahan dan perbedaan yang terjadi saat ini, sekaligus sebuah lagu sebagai pengingat kepada diri sendiri tentang rasa kebhinekaan yang tertanam sejak kecil. Lagu ini menceritakan tentang kerukunan dan keutuhan Indonesia ini akan dibawakan oleh Ahmad Albar, Marcell Siahaan, Iis Rodinda, dan Utox Londalo.

"Lagu ini saya buat sebagai sumbangsih saya terhadap bangsa ini. Dua tahun lalu saya ciptakan tanpa maksud apa-apa dan saya buat berdasarkan keresahan hati saya. Saya diketemukan dengan teman-teman yang luar biasa dan punya energi yang sama ingin menyampaikan pesan bahwa semua yang ada di Indonesia tidak akan ada apa-apa jika kita tercerai berai," papar Iis Rodinda.

Para personil yang terlibat mengadakan Konser Indonesia Bersatu YuliaPara personil yang terlibat mengadakan Konser Indonesia Bersatu (Yulia)

Pada kesempatan yang sama, Harry "Koko" Santoso juga mengatakan bahwa Indonesia merupakan bangsa yang besar karena perbedaan, tentunya kita semua tidak mau adanya perpecahan. Sebagai pekerja seni dibidang musik, Koko merasakan sekali bahwa Lagu Indonesia Bersatu sangat cocok dengan tema yang akan diusung pada konser kali ini.

"Lagu Indonesia Bersatu sangat bagus, ternyata idealisme dari lagu ini tidak mewakili siapapun. Saat ini pesta demokrasi telah selesai, tapi kenyataannya kesenjangan masih terlihat saat ini. Semoga dengan adanya acara ini kebersamaan ini bisa terwujud yang sama-sama menjadi tanggung jawab moril kita bersama. Tidak ada lagi kepentingan politik 01 dan 02," katanya.

Konser yang nantinya bukan hanya menampilkan musisi-musisi top tanah air, tetapi juga para pekerja seni, dan berbagai elemen masyarakat yang akan di selenggarakan pada minggu ke empat di bulan Juni dan diselenggarakan pertama kalinya di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Tidak menutup kemungkinan kedepannya konser ini akan diadakan secara road show di daerah-daerah seperti Bandung, Jogyakarta, Solo, dan daerah lainnya.

"Goalnya adalah persatuan, kita mengajak siapapun dengan bidangnya masing-masing yang semuanya pasti punya benang merah tentang persatuan. Rencananya kita akan buat road show. Kita berharap semua tokoh yang hadir dapat mewakili suara kita semua," ungkap Mujib Hermani yang hadir pada kesempatan yang sama.

"Semua yang hadir baik musisi, para tokoh, dan pekerja seni yang hadir harus mempunyai semangat yang sama. Yang kita butuhkan adalah spirit persatuannya. Bentuk dari kecintaan saya terhadap bangsa ini, kita mengajak sebanyak mungkin genre dan simbol untuk persatuan tersebut. Harapannya bisa merangkul semua orang untuk Indonesia Bersatu," sambung Bayu.

Acara yang akan berlangsung sejak jam 8.00 sampai 23.00 WIB ini, akan berisikan musisi dari lintas genre dan generasi. Tidak juga menutup kemungkinan akan adanya kolaborasi diantara masing-masing musisi seperti Slank, Dewa, Naif, dan masih banyak lagi lainnya./ JOURNEY OF INDONESIA