Pianis Muda berbakat, Jonathan Kuo Gelar Konser Solo

By Yulia May 25, 2019 199
Pianis Muda berbakat, Jonathan Kuo Gelar Konser Solo Jonathan Kuo (Yulia)

Pianis muda kebanggaan Indonesia, Jonathan Kuo akan kembali menyapa penggemarnya dengan sebuah konser Solo. Joe begitu ia biasa dipanggil, sebelumnya pernah sukses membuat kagum penonton dalam konser yang bertajuk “Young Steinway Artist Gala Concert” pada Oktober tahun lalu. Cowok berusia 16 tahun ini kembali menggelar sebuah konser Resital Solo di Balai Resital Kertanegara, Jakarta Selatan pada 25 Juni 2019 mendatang.

Dalam konser ini Jonathan Kuo kembali menunjukan perkembangan skill bermusiknya yang akan diperlihatkannya dalam konser Resital Solo. Bagi seorang musisi, Resital Solo biasa dilakukan secara berkala dalam rangka penyampaian ide kepada khayalak, agar khayalak tergugah akan musik yang ditampilkan oleh Sang Musisi.

Jika di konser sebelumnya Joe diiringi oleh orkestra, pada konsernya kali ini ia akan bermain selama kurang lebih 1,5 jam secara solo.

“Tahun lalu saya diiringi oleh orkestra, yang dari segi mental menurut saya bebannya lebih berat dari kemarin. Nanti saya akan bermain solo, dengan konsentrasi yang lebih dari kemarin. Bebannya hampir samalah, 11: 12 sama konser sebelumnya,” kata Jonathan Kuo di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan pada Jumat (24/5/2019).

Jonathan Kuo dan Iswargia R. Sudarno YuliaJonthan Kuo dan Iswargia R. Sudarno (Yulia)

Dalam konsernya kali ini Jonathan akan menyuguhkan delapan buah karya dari musisi dunia seperti, Debussy, Bach, Beethhoven, Schubert, Schumann, Prokoviev, dan Chopin yang tingkat kesulitannya berbeda-beda. Menurut sang guru, Iswargia R. Sudarno, yang melatih Jonathan Kuo sejak usia 7 tahun ini mengatakan, bahwa perkembangan bermusik dan skill yang dimiliki oleh Jonathan sangat pesat, teknik pianistik yang dimiliki oleh Jonathan semakin tinggi sehingga kepekaannya dalam menciptakan warna suara dalam berimajinasi sudah dirasakan semakin lihai.

“Jonathan sudah beberapa kali memenangkan kompetisi di tingkat internasional, ia merupakan salah satu pianis muda berbakat yang kita miliki saat ini. Dalam konsernya pun ia akan membawakan beberapa lagu yang menurut saya cukup sulit,” ujar sang pelatih yang biasa dipanggil Pak Lendi ini.

Demi konser itu, Jonathan Kuo melakukan banyak persiapan. Salah satunya dengan latihan rutin setiap hari.

"Latihan minimal lima jam sehari. Kalau bosan, saya pergi ke taman Juanda nyari inspirasi. Biasanya kalau kita lihat sesuatu yang bagus lalu nyangkut di otak yang juga sangat mempengaruhi musik kita," kata juara Thailand 1st Chopin International Competition 2014 itu. Pada Resital Solo kali ini, Jonathan Kuo akan memperlihatkan kepada masyarakat luas talenta yang dimilikinya dan semoga dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia yang terus mengukir prestasi dan mengharumkan bangsa Indonesia./ JOURNEY OF INDONESIA