Penantian Selama Hampir 5 Tahun Trio Vocalist-Violinist Rilis Album Kamila

By Yulia October 07, 2019 390
Foto: Yulia Foto: Yulia

Blantika musik Tanah Air kembali kedatangan grup musik baru yang bersiap untuk meramaikan industri musik saat ini. Trio vocalist-violinist ini bernama KAMILA yang beranggotakan tiga wanita yang namanya sudah tak asing lagi dalam dunia musik Indonesia, yaitu Ava Victoria, Ana Achjuman, dan Mia Ismi Halida.

Ketiganya adalah musisi-musisi yang selain mempunyai talenta dalam bernyanyi dan bermain musik, baik Ava, Ana, dan Mia juga dikenal sebagai arranger dan pencipta lagu.

Ava Victoria merupakan pemain biola orchestra ternama di Jakarta seperti Magenta Orchestra, Erwin Gutawa Orchestra, Dian HP, Aminoto Kosin, Oni n Friends dan beberapa lainnya. Ia juga dikenal juga sebagai produser musik, arranger, komponis, dan juga penata musik di beberapa nomor musikal dan konser, diantaranya Konser Dongeng Naura, Teater Musikal Tresna dan Monolog Musikal Srintil (2019) dan beberapa drama musikal Bawang Merah Bawang Putih (2012) dan Musikal Khatulistiwa (2016), dan pernah menjadi nominator AMI Awards kategori Penata Musik Lagu Anak Terbaik tahun 2018. Ava juga aktif bermain musik keroncong dan memiliki grup keroncong bernama Keroncong Musyawarah, iapun  merintis orkestranya sendiri yang bernama AV Orchestra.

Ana Achjuman adalah  adik kandung dari Ava Victoria, sama seperti sang kakak Ava  juga mempunyai background yang sama sebagai musisi, pemain biola yang merangkap menjadi qualification and validation engineer di beberapa perusahaan farmasi. Perjalanan bermusiknya juga mengikuti jejak sang kakak, Ava juga  pernah bergabung dalam beberapa orkestra seperti Magenta Orchestra, Dian HP, Widya Kristiyanyi Orchestra, dan Twilight Youth Orchestra. Ana juga aktif dalam menulis lagu untuk musisi lain, salah satu ciptaannya adalah 'Tradisi' untuk Keroncong Musyawarah, dan 'Fine Kind' untuk BimaZeno.

Suasana temu pers trio vocalist violinist KAMILA YuliaPara personil Kamila bersama dengan Music Director Rishanda Singgih dalam press conference perilisan album (Foto: Yulia)

Sama dengan Ava dan Ana, Mia Ismi Halida juga seorang penyanyi, pemain biola, song writer, vocal coach di Universitas Indonesia. Mia juga kerap tampil solo di dalam negeri, istana negara, dan mempromosikan Indonesia di luar negeri seperti Rusia, Inggris, Turki, Jepang, Korea, Cina, Dubai, Spanyol dan negara-negara ASEAN, serta konser "Concert Nova" (2017) di Malaysia. Bahkan sejak tahun 2010 ia juga bermain dalam beberapa pertunjukan musikal.

Berlatarbelakang sebagai musisi dan penyanyi, serta berlatang belakang passion yang sama, ketiganya membentuk sebuah grup musik yang diberi nama KAMILA sejak 2015 lalu. KAMILA sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya "Kesempurnaan". "Nama ini sebetulnya gara-gara saya selama tiga hari berturut-turut mimpi ketemu dengan perempuan cantik. Dia bisikin berkali-kali namanya Kamila. Dan saya akhirnya gunakan ini untuk nama grup musik ini," ungkap Ava Victoria di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, pada Senin (7/10).

Penantian panjang grup musik ini selama 5 tahun akhirnya membuahkan beberapa karya dan menjadi sebuah album yang bertajuk KAMILA.

Album dengan nuansa Pop Elektronik dengan sentuhan string akustik ini berisi 8 lagu original Kamila. Kesemua lagu  ditulis oleh Ana Achjuman, Mia Ismi, Ava Victoria dan Rishanda Singgih yang bertindak sebagai Music Producer di album ini. Lagu-lagu yang terdiri dari 6 original song dan 2 lagu cover ini adalah karya yang telah dirilis Kamila sejak aktif bermusik dan telah dirilis secara digital.

"Lagu-lagu ini sebenarnya sudah keluar sejak tahun 2015 lalu, cuma kita ada kolaborasi dengan beberapa project dari musisi seperti Glenn Fredly, Tompi, Oddie Agqm dan Jevin, Reza Hernanza "The Groove", serta Adhitya Marquee & Arya DTX, juga musisi Barry Maheswara. Akhirnya baru dua tahun yang lalu kita memutuskan untuk dibuatkan album dan terwujud tahun ini," beber Mia.

Trio vocalist violinist KAMILA Yulia Trio vocalist-violinist KAMILA  (kiri-kanan: Ava, Mia, dan Ana) Foto: Yulia

Sebuah album perdana yang berisi beberapa lagu seperti 'Jauh', 'Still Don't Care', 'My December', 'Bertahan', 'Prison Of Love', 'Don't Say No', 'Realistis', 'Kamu' ini terasa dekat dengan keseharian para personilnya karena terinspirasi dari kisah-kisah cinta dan pengalaman orang-orang yang terdekat. Single 'Prison of Love yang ditulis oleh Ana Achjuman menjadi single andalan di album ini pun merupakan pengalaman pribadi  dan dirilis sekaligus bersamaan dengan launching album perdana.

Album perdana berdasarkan pengalaman dan passion yang sama, album ini  juga merupakan sebuah pembuktian panjang dari Kamila dalam menghasilkan sebuah karya yang orisinil. Ketiganya merupakan para musisi yang juga menyukai alat musik biola.  "Kebetulan kita memang basic-nya sama, sama-sama bisa bermain biola dan juga piano. Itu yang ingin kita tawarkan sebuah karya yang juga sangat personal sekaligus kita pingin sharing kepada pendengar, semoga bisa diterima dengan baik," tutur Ana.

Dengan menggunakan ciri khas biola khas dari KAMILA dan pembagian suara masing-masing personilnya menawarkan persembahan yang baru bagi pecinta musik tanah air. "Semoga album ini bisa sampai dan diterima pecinta musik tanah air. Kita keluarkan album ini kita pingin banget didengar sebagai Kamila bukan hanya sebagai peng-cover lagu orang lain. Kedepannya kita tetap akan memakai biola sebagai ciri khas kita," pungkas Mia Ismi./ JOURNEY OF INDONESIA