Setelah Tertunda, FLAVS Hadir Dalam Virtual Festival

By Ibonk June 25, 2020 94
Setelah Tertunda, FLAVS Hadir Dalam Virtual Festival FLAVS Virtual Festival (Ist

Setelah sempat diundur dalam ketidakpastian waktu, akhirnya penyelenggaraan FLAVSA Hip Hip, Soul, R&B Festival besutan promotor Visicita Network dan Dyandra Promosindo akan terselenggara pada tanggal 15 dan 16 Agustus 2020 dengan konsep baru.

Festival yang semula akan terlaksana pada 4 dan 5 April 2020, namun terpaksa diundur akibat wabah pandemi Covid-19 yang mulai merebak di Indonesia pada awal bulan Maret lalu. Nah, seiring dengan berjalannya waktu, setelah pihak penyelenggara melakukan diskusi dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun sesama pelaku seni pertunjukan, maka diambillah keputusan untuk merubah konsep acara menjadi virtual festival.

Langkah ini diambil demi menyejukan haus dahaga penikmat musik akan sajian pertunjukan dari musisi Hip Hop, Soul R&B terbaik di tanah air. Keistimewaan dari FLAVS Virtual Festival nantinya akan mengadopsi gaya lama memilih dan menikmati pertunjukan yang sedang berlangsung secara simultan dari 4 studio yang berbeda dan disaksikan secara online.

Sejauh ini, terselenggaranya konsep baru FLAVS dipastikan akan mengikuti himbauan dan instruksi pemerintah mengenai standar protokol kesehatan bebas Covid-19 sehingga tercipta rasa aman dan nyaman akan perlindungan kesehatan bagi kru dan artis yang terlibat saat festival berlangsung.

Seperti yang disampaikan oleh Tri Sasongko Santoso selaku Technical Director FLAVS Virtual Festival bahwa menurutnya FLAVS Virtual Festival secara teknis djalankan dengan sistem broadcast yang dapat diakses melalui internet, sehingga di masa pandemi ini para penggemar musik Hip Hop, Soul, R&B masih tetap dapat menikmati suguhan pertunjukan dari rumah sambil berinteraksi secara virtual tanpa harus bersentuhan fisik.

Dari sisi penampil, sebelum terjadinya pandemi Covid-19, FLAVS Festival telah mengumumkan sejumlah nama artis internasional yang direncanakan tampil pada bulan April lalu, seperti Tyga (Amerika), Azealia Banks (Amerika), dan Lil Pump (Amerika). Namun melihat perkembangan situasi dan kondisi yang hingga kini tidak memungkinkan bagi mereka untuk tampil di FLAVS, maka pihak penyelenggara menyatakan akan tetap melangsungkan acara secara online tanpa adanya artis internasional.

Di sisi lain, FLAVS Virtual Festival akan menampilkan 48 musisi tanah air sebagai bintang utama festival, diantaranya: Tuan Tigabelas, Yura Yunita, Jemima, Iwa K, Brown Sugar, Maliq & D’Essentials, Ramengvrl, Ras Muhamad, Rinni Wulandari, Teza Sumendra dan lainnya.

FLAVS Lineup IstFLAVS Lineup (Ist)

Menanggapi hal tersebut, Program Director Flavs Festival, Yacko menyebutkan jika acara ini bakal fokus pada musisi hip hop dalam negeri. "Kita fokus dulu ke musisi nasional, untuk mengedepankan ke musisi nasional, untuk internasional artisnya akan kita alihkan ke tahun depan," kata Yacko dalam konferensi pers virtual Flavs Virtual Festival, Rabu (24/6).

Yacko melanjutkan, Flavs Virtual Festival sendiri ingin membangun semangat musisi nasional agar terus semangat berkarya di tengah pandemi. "Kenapa fokus ke musisi nasional? Karena yang terdampak sekali dari pandemi ini yang kebanyakan atau semuanya manggungan itu kan jadi pekerjaan utama. Nah ini tiba-tiba enggak bisa sama sekali (akibat pandemi),” jelas Yacko.

Meski digelar secara virtual, pihak penyelanggara juga bakal tetap menyediakan empat panggung. Penonton pun bebas memilih penampil mana yang ingin ditonton. "Penonton bisa sesuka hati pindah stage, jadi dari stage dua tiba-tiba mau ke stage empat, ya bisa pindah ke stage empat,” jelas Festival Director Flavs, Muhammad Riza.

Bagi pemilik tiket kategori FLAVS Daily Pass, dapat berinteraksi dengan antar sesama penonton di chat room. Namun bagi pemilik tiket kategori Home Weekend Party, akan memiliki aksesibilitas interaksi lebih atraktif dengan hadirnya fitur penampakan visual penonton, sehingga dapat berinteraksi dengan sesama penonton Home Weekend Party lainnya atau bahkan dengan artis yang sedang tampil.

FLAVS Virtual Festival dapat dinikmati audiens secara online di rumah masing-masing selama 12 jam non-stop.

Info lainnya adalah bagi penonton yang telah sempat membeli tiket secara online untuk festival ini sebelumnya, pihak penyelengara bakal mengembalikan seluruh biaya pembelian tiket kepada calon penonton Flavs Festival 2020, sejak Rabu (24/6). Dalam 14 hari ke depan tiket sudah dapat di-refund.

Jadi, siapapun yang ingin menonton Flavs Virtual Festival harus kembali melakukan pembelian tiket. Festival yang akan dilangsungkan secara virtual pada 15-16 Agustus 2020 mendatang ini, akan dilakukan penyesuaian harga tiket baru dan bisa didapatkan website www.flavs.id./ JOURNEY OF INDONESIA