Kemeriahan Hodgepodge Superfest 2019 Ditutup oleh Penampilan State Champs dan Prophets of Rage

By Ibonk September 02, 2019 93
Kemeriahan Hodgepodge Superfest 2019 Ditutup oleh Penampilan State Champs dan Prophets of Rage Prophets of Rage (Ibonk)

Grup musik Prophets of Rage menjadi penampil yang menutup panggung Super Music Hodgepodge Superfest 2019 hari terakhir, di Allianz Ecopark, Ancol, Jakarta Utara, pada Minggu (1/9/2019) malam. Diawali dengan kumandang lagu 'Indonesia Raya', para penonton tampak mulai memadati area panggung.

Diiringi bunyi alarm, para personel Prophets of Rage yakni Tom Marcello, Tim Commerford, Brad Walk, Chuck D, dan DJ Lord serta B Real muncul dari balik panggung, satu per satu sambil mengepalkan tangan. Sorak sorai penonton yang juga mengepalkan tangan mereka, menyambut kehadiran Tom Marcello. Real Be terlihat mengenakan sorban, sedangkan Tom Morello mengenakan topi bertuliskan 'Make Indonesian Rage Again'.

"Hei Indonesia, ayo lawan kembali!" kata Real B. Mereka pun langsung membakar antusias penonton dengan lagu-lagu mereka seperti 'Unfuck the World', 'Guerilla Radio', 'Hail to the Chief', dan 'Know Your Enemy'. Selain itu, Prophets of Rage juga membawakan lagu-lagu dari grup asli para personelnya.

Chuck D menyapa penonton lagi dan mengatakan “Let me ask you something, do you like hip hop music? Would you like to hear some classic hip hop music? Yo Lord, drop it off” lalu mereka membawakan lagu 'Hand on the Pump' milik Cypress Hill, 'Can’t Trust it' milik Public Enemy, 'Insane in the Brain' milik Cypress Hill lalu Chuck D meminta penonton untuk turun mengambil ancang-ancang sebelum loncat ketika mereka membawakan lagu 'Jump Around' milik House of Pain dan dengan lagu itulah sesi hip hop dari pertunjukan Prophets of Rage berakhir.

Prophets of Rage IbonkKemeriahan Hodgepodge Superfest 2019 ditutup oleh penampilan Prophets of Rage (Ibonk)

Pertunjukan dilanjutkan dengan lagu milik Rage Against the Machine yaitu 'Sleep Now in the Fire'. Tom Morello menyapa penonton dan ia menjelaskan bahwa malam ini adalah malam yang spesial karena malam pertunjukan di Hodgepodge Superfest 2019 ini adalah malam terakhir teknisi gitarnya selama 20 tahun bekerja bersamanya. Setelah itu Prophets of Rage membawakan lagu 'Cochise' yang di persembahkan untuk mengenang Chris Cornell.

Selanjutnya, Prophets of Rage juga membawakan 'Bullet in the Head' milik Rage Against the Machine dan dilanjutkan dengan lagu 'Living on the 110', 'How I Could Just Kill A Man', 'Bulls on Parade', 'Fight the Power' dan 'Killing in the Name'. Pertunjukan Prophets of Rage di Hodgepodge Superfest 2019 ditutup dengan lagu 'Bombtrack'

Secara keseluruhan apa yang disuguhkan oleh Prophets Of Rage malam itu berhasil membakar emosi penonton. Penonton begitu menikmati, penantian dan kedatangan mereka ke Hodgepodge Superfest 2019 hari terakhir seolah terbayarkan dengan suguhan aksi panggung yang ciamik dari Tom Morello dan kawan kawan.

Satu momen yang ditunggu juga adalah kebiasaan Tom Morello membalik gitarnya dan menyelipkan tulisan yang kadang tidak terduga artinya. Hal itu terjadi juga di konser mereka kemarin. Di akhir lagu awal Tom Morello membalik gitarnya. Diluar dugaan, tulisan yang tertuang dibagian belakang gitarnya tersebut sangat berhubungan erat dengan lambang negara Indonesia, yakni tulisan “BHINNEKA TUNGGAL IKA”. Begitu Tom membalik gitarnya penonton pun bersorak dan memberikan tepuk tangan apresiasi kepadanya. Sungguh momen yang sangat indah disuguhkan oleh Tom Morello.

Betty Who2 IbonkBetty Who (Komblikpar)

Selain Prophets Of Rage, panggung Hodgepodge Superfest 2019 hari terakhir turut dimeriahkan oleh artis lainnya. Pada Wonderful Indonesia Stage tampil M.A.T.S, Ahmad Abdul, Danilla, Reality Club, dan Joko In Berlin. Di Kapal Api Signature Stage ada A. Nayaka, Pamungkas, Jevin Julian feat Petra Sihombing, dan Stars Project. Pada BNI Stage tampil Marcello Tahitoe, Superorganism, Betty Who. Sementara di panggung utama Supermusic Stage sebelum Prophets Of Rage tampil secara berurutan Barasuara, Maliq & D’Essentials, dan State Champs.

Festival musik multigenre Hodgepodge Superfest 2019 digelar pada Sabtu (31/8/2019) dan Minggu (1/9/2019). Tahun ini merupakan penyelenggaraan kedua Hodgepodge Superfest. Sederet artis musik internasional dan lokal ambil bagian dalam acara musik yang dipersembahkan oleh Java Festival Production dan Supermusic ini./ JOURNEY OF INDONESIA