Indofest Indofishing 2020, Isu Covid-19 Tak Halangi Antusiasme Pengunjung

Indofest Indofishing 2020, Isu Covid-19 Tak Halangi Antusiasme Pengunjung Pengunjung Indofest Indofishing 2020 (Ibonk)

Walaupun dibayangi-bayangi kekhawatiran isu Covid-19, namun ternyata tak menyurutkan minat para pegiat outdoor untuk mendatangi pameran Indofest Indofishing 2020 yang mulai diselenggarakan pada hari ini Kamis, 12 Maret sampai berakhir pada Minggu, 15 Maret 2020.

Antrean panjang sudah terjadi di depan loket masuk event ini di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta walaupun pintu masuk belum dibuka. Selanjutnya antrian pengunjung tampak semakin mengular di depan salah satu booth merk terkenal yang memberikan potongan harga cukup menarik akan produk-produk outdoor milik mereka.

Bertempat di stage utama yang terletak di Hall B, mendekati tengah hari diadakan peresmian pembukaan pameran Indofest Indofishing 2020 ini. Acara yang dihadiri diantaranya oleh Edy Wardoyo selaku Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenparekraf, Hayono Isman selaku Ketua FORMI, Cucu Ahmad Kurnia sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta, Panca R Sarungu dari Masyarakat Sadar Wisata dan Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos

Dalam sambutannya Chief Executive Officer COS Event Indofest, Disyon Toba mengakui bahwa pada pameran Indofest Indofishing tahun ini dirinya sedikit was was dengan adanya isu Covid-19. Namun kekhawatiran dirinya seakan sirna melihat antusiasme pengunjung untuk menghadiri pameran ini cukup besar sejak pagi hari.

Chief Executive Officer COS Disyon Toba bersama pejabat terkait seusai pembukaan Indofest 2020 IbonkChief Executive Officer COS, Disyon Toba bersama pejabat terkait seusai pembukaan Indofest 2020 (Ibonk)

“Saya melihat tidak ada rasa khawatir terhadap Corona, sejak pagi terlihat para pegiat outdoor tampak memenuhi areal JCC dan pintu masuk event ini. Hal ini patut dipahami karena acara ini seperti lebarannya anak-anak outdoor,” ungkap Disyon saat pembukaan di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Event tahunan yang sudah memasuki tahun keenamnya ini, sedikiot banyak telah memberikan edukasi seputar dunia petualangan dengan menghadirkan para pakar di bidangnya masing-masing. “Selama pameran berlangsung digelar talkshow membahas isu-isu tebaru. Para pengunjung juga bisa mengikuti pelatihan first aid terkait aktivitas outdoor hingga pencegahan virus corona,” jelas Disyon.

"Kami juga sudah menyiapkan tindakan pencegahan, pemantauan, tenaga medis, ambulans serta ruangan isolasi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terkait isu virus corona ini sebelum ditangani pihak berwenang," ujar Disyon kembali.

Mendukung apa yang disampaikan oleh Disyon, Edy Wardoyo selaku Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenparekraf berharap pameran ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekaligus mendorong kegiatan wisata minat khusus seperti wisata petualangan atau outdoor yang banyak tersebar di tanah air.

“Lewat pameran ini masyarakat bisa memeroleh informasi dan berbagai kebutuhan yang dapat menunjang kegiatan tersebut yang dikaitkan dengan sport tourism,” ungkap Edy.

Pengunjung Indofest Indofishing 2020 2 IbonkSuasana salah satu booth di Indofest Indofishing 2020 (Ibonk)

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia mengaku terkejut melihat antusiasme pengunjung Indofest Indofishing 2020 ini. Ia berharap nantinya peserta dan pengunjung Indofest harus lebih luas lagi, mencakup kawasan regional.

Terkait isu penyebaran virus Corona, Cucu Ahmad juga berpesan agar pemeriksaan terhadap pengunjung diperketat lagi. “Pengawasan dan pemantauan harus diperketat lagi. Peralatan dan tenaga pemeriksanya ditambah, termasuk penyediaan sabun pembersih tangan serta informasi terkait pencegahan penyebaran Covid-19 ini di tempat-tempat strategis di luar maupun di dalam venue pameran,” harap Cucu.

Selama empat hari pameran jumlah pengunjung diperkirakan sebanyak 100 ribu meningkat dari tahun sebelumnya 68 ribu. Adapun target total transaksi dari pameran Indofest Indofishing 2020 akan mencapai Rp.75 miliar./ JOURNEY OF INDONESIA

Rate this item
(1 Vote)
Last modified on Thursday, 12 March 2020 20:36