200 Peserta Lomba LCLC Bersaing Menuju 8 Besar

By Ibonk September 13, 2020 180
200 Peserta Lomba LCLC Bersaing Menuju 8 Besar Birgjen TNI Tamim Mustofa tengah memberikan kata sambutan terkait event LCLC (DSP)

Ada yang menarik ketika menyaksikan Syukuran dan Babak Penyisihan ke II Lomba Cipta Lagu Corona (LCLC) tingkat Nasional yang digelar di ATM Waroeng Rakyat Nusantara, Cibubur Jakarta Timur, Sabtu, 12 September 2020 lalu.

Lewat protokol kesehatan yang cukup ketat dan pembatasan pengunjung yang hadir, suasana tampak cukup meriah dengan hadirnya sejumlah penyanyi era 80 - 90an seperti Johan Untung, Dewi Yull, Dorce Gamalama, ataupun Prilly Pricilia. Tak hanya hadir, mereka juga turut menyumbangkan suaranya sebelum memasuki ketatnya penjurian yang dilakukan untuk mendapatkan karya cipta lagu corona terbaik.

Secara keseluruhan, lagu yang masuk ada sebanyak 511 peserta. Oleh para dewan juri seluruh lagu dinilai dan disortir sampai mendapatkan 200 peserta. Di babak selanjutnya para juri akan memilih 20 peserta terbaik, dan diadu lagi untuk mendapatkan 8 finalis terbaik.

Seperti yang disampaikan oleh Birgjen TNI Tamim Mustofa selaku penyelenggara LCLC bahwa kompetisi ini sengaja dibuat sebagai bagian dari kampanye penanggulangan dan pencegahan virus Corona. “LCLC bisa jadi merupakan satu satunya lomba cipta lagu di dunia yang khusus mengangkat tema tentang Corona. Rasanya, tidak ada penyelenggara lain yang menggelar lomba seperti ini,” ungkap Tamim.

Ketua Panitia LCLC Ayu Soraya dan Birgjen TNI Tamim Mustofa selaku penyelenggara LCLC IbonkKetua Panitia LCLC, Ayu Soraya dan Birgjen TNI Tamim Mustofa selaku penyelenggara LCLC (DSP)

Ia juga melanjutkan bahwa pesan melalui lagu akan lebih mudah dan cepat diterima oleh masyarakat umum. Pihaknya memberi kesempatan luas bagi peserta untuk berkarya lewat semua genre musik, tanpa pembatasan. "Karena kami menyiapkan para dewan juri yang mewakili tiap genre yang ada," ungkapnya lagi.

Pendaftaran peserta LCLC dibuka sejak 1 Juni 2020, dan resmi ditutup pada Minggu, 9 September 2020 lalu. Peserta yang datang dari 34 propinsi di Indonesia, dan dua peserta datang dari luar negeri, yakni Amerika dan New Zealand.

“Keduanya adalah warga negara Indonesia, yang sedang tinggal di luar negeri. Jadi mereka memenuhi syarat sebagai peserta. Karena salah satu syarat peserta adalah WNI dan berusia di atas 18 tahun,” sebut Jose Choa, Ketua Seksi Lomba.

Selanjutnya Ketua Panitia LCLC, Ayu Soraya menambahkan bahwa LCLC akan menyediakan empat trofi pemenang yang spesial disediakan oleh 4 jendral yakni Birgjen TNI Tamim Mustofa, Letjen Doni Munardo, Jendral TNI (Purn) AM Hendropriyono dan Menteri Kesehatan Letjen TNI Terawan Agus Putranto.

Pemotongan tumpeng syukuran dan babak Penyisihan ke II LCLC IbonkPemotongan tumpeng syukuran dan babak Penyisihan ke II LCLC (Ibonk)

Nantinya ke empat trofi tersebut akan diberi nama yakni Adi Cipta Tama (Juara Utama), Adi Cipta Karya (Lagu Terbaik), Adi Cipta Karsa (Penulisan Lirik Terbaik) dan Adi Cipta Karisma (Juara Favorite). “Kami juga menyediakan hadiah utama sebesar Rp 20 juta," ungkap Ayu.

Malam Grand Final LCLC rencananya akan digelar pada 25 September di Auditorium RRI Jakarta dengan mengangkat suasana kesenian khas Indonesia. “Di malam Grand Final, karya cipta lagu delapan finalis LCLC ini akan dibawakan para penyanyi dari Bintang Radio Indonesia,” sebut Tamim Mustofa.

Sementara di tempat terpisah pengamat musik Bens Leo yang menjadi Ketua Dewan Juri berharap bahwa lagu dari pemenang LCLC nantinya segera bisa langsung disosialisasikan dan diedarkan ke masyarakat oleh BNPB.

Berikut 8 nama peserta yang memasuki babak Grand Final:
0125 - Yogie Azhar - Apa Kabar Dunia
0297 - Syarif Hidayat SE - Indonesia Pasti Bisa
0164 - Anita Dahlan - Sirnahlah Corona
0425 - Eddy Fadil Rachman - Corona Ciptaan Tuhan
0202 - Niryanto - Tolong Kami
0354 - Mohamad Seno Nurfirman - Kan Indah Pada Waktunya
0368 - Moh. Yusuf Wiradiredja - Virus Corona
0234 - Taqwa Nur Ibad - Pejuang Kemanusiaan./ JOURNEY OF INDONESIA

Rate this item
(1 Vote)
Last modified on Monday, 14 September 2020 08:26