Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan Tiba di Kayu Aro, Jambi Setelah Melampaui Jalur Ekstrim

By Agus Blues November 09, 2021 273
Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan Tiba di Kayu Aro, Jambi Setelah Melampaui Jalur Ekstrim Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan, Ibonk tengah memeriksa kesiapan mesin tunggangannya sebelum kembali melanjutkan perjalanan (Sonny)

Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan-Persatuan Wartawan Indonesia (JKW-PWI) yang terdiri dari 4 riders yakni Agus Blues Asianto, Yanni Krisnayanni, Indrawan Ibonk, dan Sonny Wibisono sudah memasuki hari ke 13 perjalanan dan telah menempuh sejauh 1766 km, sejak di lepas pada 28 Oktober 2021 silam dari halaman Gedung Dewan Pers, Jakarta.

Beberapa kota juga sudah dilewati, mulai dari Jakarta, Banten, Lampung, Bangka, Palembang, Bengkulu dan saat ini tim tengah stay di provinsi Jambi, tepatnya di Kayu Aro yang berada di kaki Gunung Kerinci.

Desa Mekar Jaya yang berhawa sejuk berkisar antara 17-23 derajat celcius menjadi base camp sementara tim ini, sembari menantikan Yanni yang tengah muncak ke Gunung Kerinci. Gunung yang  dikenal sebagai gunung tertinggi di pulau Sumatra ini, juga dikenal juga sebagai  gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua dijadikan awal dari pendakian gunung pertama yang berada di tanah Sumatra.

Gunung yang terletak di perbatasan antara Provinsi Sumatra Barat dengan Provinsi Jambi, di Pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat, dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Padang Provinsi Sumatra Barat. Gunung ini juga menjadi batas antara wilayah Etnis Minangkabau dengan Suku Kerinci yang dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat Harimau Sumatra dan Badak Sumatra.

Andrean dan Yanni bersiap melakukan pendakian gunung Rinjani IbonkAndrean dan Yanni bersiap melakukan pendakian gunung Rinjani (Ibonk)

Memulai pendakian pada Selasa (9/11) pagi ini, Yanni disertai guide pendakian Andrean tampak optimis melangkahkan kaki mereka. Diharapkan keduanya akan kembali ke basecamp tim Jelajah Kebangsaan Wartawan dalam 2 hari mendatang.

Jauh sebelum memasuki wilayah Desa Mekar Jaya, Kayu Aro, Jambi. Pada hari Minggu (7/11), Tim JKW-PWI mengawali riding sejauh 291 km atau sekitar 8 jam perjalanan dari penginapan Dadari, Ketaun, Bengkulu Utara menuju penginapan Aroma, Sungai Penuh, Jambi.

Sementara itu perjalanan dari Ketaun hingga Ipuh memakan jarak tempuh sekitar 82 km. Tim menyusuri pantai pesisir barat yang ditingkahi pula di kanan kiri terhampar perkebunan sawit dengan kondisi jalan nyaris penuh lubang.

Lepas magrib dari Tapan (Sumbar) tim bergegas menuju Sungai Penuh (Jambi) yang berjarak sekitar 60 km. Suguhan pemandangan nan memukau, dan melalui jalan berkelok diantara perbukitan hutan dengan tebing dan jurang pada sisi kanan dan kirinya menjadi sebuah cerita tersendiri yang tak bisa dilupakan begitu saja.

Sebelumnya tim JKW-PWI sempat pula rasa was-was ketika melintas di wilayah Lampung atau Kepala Curup karena mendapat info jika daerah tersebut rawan kejahatan.

Puncak Rinjani terlihat cerah pada pagi hari ini IbonkPuncak Rinjani terlihat cerah pada pagi hari ini (Ibonk)

Nah, selanjutnya tim JKW-PWI kembali harus menghadapi perasaan cemas karena harus melewati lintasan hutan sejauh 60 km yang rawan longsor. Tim JKW-PWI sempat 5 kali melintasi jalanan yang beberapa waktu sebelumnya sempat tertimbun tanah lonsor dari tebing yang rata-rata jaraknya nyaris menembus 200-an meter dari setiap longsoran.

Yang agak mencemaskan dengan sempitnya lebar jalanan ditambah tanah merah bercampur air, sehingga motor hanya mampu dipacu 25km/jam. Khawatir jika terlalu kencang dan berpapasan dengan kendaraan didepannya, motor-motor dari Tim JKW-PWI akan selip. Sedangkan yang menguntungkan pada malam itu, cuaca tak turun hujan.

Akhirnya dari rasa penat, Tim JKW-PWI yang memutuskan bermalam di penginapan Aroma, Sungai Penuh, kemudian keesokan hari, Senin (8/11) barulah menjejakan kakinya di wilayah Kayu Aro, Jambi untuk long stay selama 3 hari di Nayla Homestay, Desa Mekar Jaya, Kayu Aro, Jambi.

Sementara menunggu Yanni merampungkan pendakian gunung, tiga rekannya di Tim JKW-PWI, Indrawan Ibonk, Sony Wibisono, serta Agus Blues Asianto akan melakukan eksplore wilayah disekitar Gunung Kerinci. Hal ini dilakukan sehubungan dengan laporan perjalanan Tim JKW-PWI, seperti memotret daerah pariwisata setempat atau fasilitas umum warga setempat akan mereka bukukan seusainya tim balik ke Jakarta.

Kegiatan JKW-PWI ini dapat terlaksana atas bantuan dukungan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Asdep Olahraga Rekreasi, PT United Kingland, Artha Graha Peduli dan Artha Graha Network, Kawasaki, Djarum Fondation, Apparel Contin dan Trooper Custom Helmet. / JOURNEY OF INDONESIA

Rate this item
(1 Vote)
Last modified on Wednesday, 10 November 2021 14:20