Singgah di Kotim, Tim Jelajah PWI Pusat Eksplor Kota Sampit

By Ibrahim December 19, 2021 379
Singgah di Kotim, Tim Jelajah PWI Pusat Eksplor Kota Sampit Anak - anak bermain di tepi sungai Mentaya (Ibonk)

Tim Touring Jelajah Kebangsaan Wartawan Persatuan Wartawan Indonesia (JKW PWI) akhir pekan silam singgah di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Sebelumnya tim touring yang terdiri dari Agus 'Blues' Asianto, Indrawan 'Ibonk', Yanni Krishnayanni dan Sonny Wibisono ini datang dari arah Kalimantan Barat menuju Kalimantan Tengah.

Di kota yang dijuluki dengan Bumi Habaring Hurung atau Bumi Gotong Royong ini menyempatkan diri melakukan Susur Sungai Mentaya, dan merekam kehidupan masyarakat yang berada di pinggir sungai besar ini.

“Alhamdulilah, selama perjalanan yang sudah memakan waktu selama dua bulan sejak start di Jakarta kemarin kami sudah sampai di Kota Sampit, Kalimantan Tengah. Kami juga menyempatkan diri melihat makam massal tragedi 2001 kala itu,” jelas Indrawan Ibonk salah seorang rider dari tim JKW PWI di Sampit.

Ibonk menyebutkan tujuan perjalanan touring kali ini sebenarnya dalam rangka untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. Namun peringatan kali ini dilakukan dengan cara berbeda, yakni dengan menjelajahi Indonesia.

Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan Persatuan Wartawan Indonesia Pusat saat melakukan ziarah ke makam massal 2BaimTim Jelajah Kebangsaan Wartawan Persatuan Wartawan Indonesia Pusat saat melakukan ziarah ke makam massal (Baim)

Selain melakukan Susur Sungai Mentaya, tim juga menyempatkan diri berziarah ke makam massal tragedi Sampit yang berada di ruas Jalan Jenderal Sudirman KM 13 Sampit-Pangkalan Bun. Dimakam ini, tim banyak mendapatkan info dan cerita-cerita yang tak pernah terekspos di media tentang kejadian yang sangat mengenaskan tersebut.

Kemudian para riders ini juga soan ke Taman Miniatur Budaya Dayak yang berada di belakang Islamic Center dan mengabadikan momen di Bundaran Burung dan malamnya menikmati kuliner khas sungai Mentaya di rumah makan apung Batu Mandi.

“Jadi dalam perjalanan ini kami, setidaknya kami akan menempuh perjalanan sejauh 17.000 km. Tim juga di minta oleh Ketua PWI Pusat agar nantinya singgah di Kendari untuk merayakan peringatan Hari Pers Nasional disana,” tambah Ibonk kembali.

Pelabuhan sungai Mentaya Sampit IbonkPelabuhan sungai Mentaya, Sampit (Ibonk)

Tak hanya mendapatkan pengalaman baru selama berada di kota Sampit ini, tim JKW PWI ini juga mendapatkan banyak pertemanan dari berbagai komunitas dan media disini.

Sebelumnya pada raiders ini memulai perjalanannya menyusuri ujung barat pulau Jawa, lalu menyeberang ke Sumatra, kemudian menuju Belitung, Kalimantan, Sulawesi, Bali, NTB, NTT, dan Papua.

Terlaksananya turing dan pendakian di seven summits tim JKW-PWI ini tak lepas dari supporting dari PT Kawasaki Motor Indonesia, PT United Kingland, Kemenpora, Continmoto Jakarta, Trooper Custom Helmet, Artha Graha Peduli, dan Djarum Foundation./ JOURNEY OF INDONESIA

Rate this item
(0 votes)
Last modified on Wednesday, 22 December 2021 09:38