Meriahnya Lebaran Betawi 2019 di Monas

Meriahnya Lebaran Betawi 2019 di Monas Lebaran Betawi 2019 (DSP)

Lebaran Betawi 2019 telah digelar sejak Jumat hingga Minggu (19-21/7/19) di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta meninggalkan kesan yang cukup mendalam di hati warga Jakarta. Ini adalah suguhan pertama kalinya, perhelatan budaya Betawi ini diadakan di Monas. Biasanya, acara tahunan ini rutin digelar di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jakarta Selatan.

Sejumlah kalangan tampak antusias menyambangi Lebaran Betawi 2019. Seperti pada hari Sabtu pagi misalnya, berbagai kalangan dari tua hingga muda terus berdatangan ke area Monas.Beberapa dari mereka bahkan mengenakan pakaian adat Betawi, seperti setelah kemeja koko putih-celana hitam-peci-syal batik bagi kalangan pria dan setelan kemeja putih-rok batik panjang bagi kalangan perempuan.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang hadir di hari penutupan dan memberi kata sambutan di panggung utama. Dirinya menceritakan sejarah masa lalu yang menjadi latarbelakang pihaknya membawa acara Lebaran Betawi ini dilaksanakan di Monas.

Anies mengisahkan jika lapangan yang dulunya bernama lapangan IKADA ini adalah tempat masyarakat Betawi berkumpul. Di lapangan ini pula terjadi Rapat Raksasa IKADA yang dipimpin Presiden Soekarno sekitar satu bulan (19/9/45) seusai Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya.

02 Lebaran Betawi DSPLebaran Betawi (DSP)

Dari momentum yang terjadi di tempat yang sekarang bernama Monas ini, masyarakat Indonesia mulai merdeka dan bersatu. Oleh karena itu, Anies mengusung tema persatuan pada Lebaran Betawi 2019. Ia menilai, masyarakat Betawi menjadi simpul penyatu persatuan.

"Kota ini telah menjadi kota dimana persatuan Indonesia dirajut, di kota ini masyarakatnya menyambut kedatangan suku bangsa nusantara dengan keramahan kehangatan sehingga terasa hidup satu Indonesia, di mana peran masyarat Betawi menjadi fasilitator tumbuhnya persatuan Indonesia," ungkap Anies yang mendapat sambutan dari pengunjung.

"Kita adalah tuan rumah di kota kita sendiri. Jangan sampai kita kayak penonton di kota kita sendiri, tidak boleh kita merasa seperti orang asing di tanah kita sendiri. Ini tanah kita, ini air kita dan ini tanah air kita," tutur Anies.

03 Lebaran Betawi DSP

Para pengunjung yang hadir pada Lebaran Betawi 2019 (DSP)

Bermacam acara dan stand tersuguh di Monas selama tiga hari ini, mulai dari pentas kesenian daerah, festival makanan Betawi juga nonton layar tancep yag menayangkan film Nasional. Meskipun akhirnya pemutaran film tersebut harus dibatalkan karena waktu yang tidak mencukupi.

Antusiasme pengunjung paling tampak pada salah satu sudut yang merupakan tenda makanan Betawi gratis. Antrian terlihat mengular hingga 10 meter ke belakang tenda. Sementara petugas menjaga pintu masuk tenda dengan ketat agar pengunjung tak berjejalan di dalam area tenda.

"Makanan gratis, tapi tidak setiap saat dibuka. Kami buat dalam waktu tertentu, jadi sistemnya buka tutup. Jam 10.00-12.00 (dibuka), nanti dilanjut lagi sore dibuka," ujar Ketua Panitia Lebaran Betawi 2019 M. Rifqi Eki. Selain kerak telor yang seakan jadi menu wajib acara Betawi, ada juga Soto Mi Betawi, Es Selendang Mayang, dan Gulali Betawi./ JOURNEY OF INDONESIA

Rate this item
(1 Vote)
Last modified on Thursday, 25 July 2019 22:51