Tradisi Serentaun Kampung Budaya Sindang Barang

By JOI February 10, 2017 224

Kampung Sindang Barang disinyalir merupakan kampung tertua yang ada di Bogor, Kampung Sindang Barang terlatak di Desa Pasireurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor dan sebagian besar penduduknya bertani. 

Menurut sejarahnya, diperkirakan kampung Sindang Barang sudah ada sejak zaman Kerajaan Sunda sekitar abad XII, di sinilah dahulu terdapat kerajaan Bawahan yang bernama Sindang Barang dengan ibu kotanya Kuta Barang. Disini pula kebudayaan Sunda Bogor bermula dan bertahan hingga kini, salah satunya adalah "Upacara Adat Seren Taun". 

Istilah Seren Taun berasal dari Bahasa Sunda, seren yang artinya serah, seserahan dan taun yang berarti tahun. Jadi Seren Taun bermakna serah terima tahun yang lalu ke tahun yang akan datang sebagai penggantinya.

Dalam tradisi masyarakat peladang Sunda, Seren Taun merupakan wahana bersyukur kepada Tuhan atas hasil pertanian tahun ini, seraya berharap hasil pertanian mereka akan meningkat pada tahun yang akan datang. 

Lebih khusus lagi, upacara Seren Taun merupakan acara penyerahan hasil bumi berupa padi yang dihasilkan dalam kurun waktu satu tahun untuk disimpan ke dalam lumbung atau ‘leuit’. Ada dua lumbung, Leuit Indung (lumbung utama) sebagai tempat penyimpan padi dan lumbung pengiring untuk menyimpan benih untuk musim tanam mendatang./ JOURNEY OF INDONESIA