Suzuki Indonesia Luncurkan XL7

By Ibonk February 20, 2020 112
Suzuki Indonesia Luncurkan XL7 Suzuki XL7 (Ist)

Akhir pekan lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan secara global line up terbaru SUV XL7 di TMII, Jakarta Timur. Dinamakan peluncuran global, karena mobil medium SUV ini dipasarkan pertama kali di dunia di Indonesia. Sebagai SUV global, Suzuki XL7 akan diekspor hingga ke 30 negara di kawasan ASEAN & Amerika Selatan.

”Untuk memperingati hari jadi Suzuki yang ke-50, kami akan menyuguhkan banyak kejutan di tahun ini. Salah satunya adalah global launch Suzuki XL7,” terang Seiji Itayama, President Director PT Suzuki Indomobil Sales dan PT Suzuki Indomobil Motor pada saat peluncuran XL7 ini.

Menggunakan basic All New Ertiga, Suzuki XL7 ini lahir dengan postur tinggi khas SUV dan mirip-mirip dengan model XL6 di India. Secara gamblang mobil yang diproduksi di pabrik Cikarang, Jawa Barat ini ditargetkan terjual 2.000 unit per bulan. Dipasaran mobil ini akan bersaing dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios, dan Mitsubishi Xpander Cross.

Bagi yang berminat, Suzuki XL7 menawarkan tiga pilihan tipe, Zeta (tipe paling rendah), lalu Beta dan tipe paling tingginya adalah Alpha. Ketiganya sama-sama dilengkapi dual SRS airbags, ABS, parking sensor, Isofix, EBD, jok dan dasbor berwarna hitam seperti All New Ertiga Sport, serta MID display sudah berwarna seperti New Suzuki Baleno.

Yang pertama tipe Zeta perbedaan yang paling mencolok adalah handle pintu masih sewarna bodi, berbeda dengan tipe tertingginya. Kemudian lampu belakang sudah LED, namun tidak menyala sampai ke atas.

Interior Suzuki XL7 IstInterior Suzuki XL7 (Ist)

Sementara pada bagian interiornya, Suzuki XL7 Zeta dilengkapi power outlet yang berfungsi sebagai charged handphone di baris pertama dan kedua. Di area kemudi, terdapat Bluetooth Phone Conection, namun switch audio control absen di area ini. Untuk AC-nya sudah digital dengan headunit 8 inci touch screen. Sebagai pelengkap kenyamanan, center arm rest disematkan untuk bangku baris kedua.

Selanjutnya tipe Beta, Suzuki menambahkan beberapa fitur power outlet di baris ke tiga serta setir yang sudah dilapis kulit, dilengkapi switch audio control. Sama seperti di tipe Zeta, tipe Beta juga memiliki sistem AC digital dengan tambahan fitur Auto Climate dan heater. Mobil juga sudah diljejalkan keyles dan Push Start Stop Button.

Sementara headunitnya masih 8 inci touch screen, dengan penambahan 2 tweeter di kabin depan untuk menambah kualitas suara. Buat Anda yang doyan minuman dingin, di tipe Beta ini, dilengkapi cup holder di konsol tengah bagian depan dasbor sudah ada ventilated alias pendingin.

Bila di tipe Zeta door handle senada body, di tipe Beta handlenya chrome. Rear lamp LED juga sudah bisa menyala hingga ke bagian atas.

Sedangkan untuk tipe tertinggi, body mobil sudah two tone, rear uppser spoiler berlabel Suzuki Sport, chrome garnish di sekeliling plat nomer, door sill guard, talang air dan emblem Aplha yang menempel di pintu bagasi.

Center arm rest disematkan di bangku kedua IstCenter arm rest disematkan di bangku kedua (Ist)

Pada bagian spion tengah terdapat Smart e-Mirror yang bisa membantu melihat kondisi belakang mobil saat parkir mundur. Fitur ESP dan Hill Hold Control hanya ada di Suzuki XL7 tipe Beta dan Alpha saja.

Soal warna, Suzuki XL7 Zeta dan Beta disuguhkan warna prime cool black, pearl snow, pearl burgundy red, metalic magma grey. Sedangkan untuk tipe tertinggi yaitu Alpha, ada warna rising orange + black, brave khaki + black, prime cool black dan prime snow white.

Untuk mesin, semua tipe masih mengandalkan kode yang sama yaitu K15B 4 silinder DOHC berkapasitas murni 1.462 cc dengan pilihan transmisi manual dan otomatis di masing-masing tipe. Juga ukuran pelek dan ban sama-sama menggunakan 195/60R16.

Soal harga, Suzuki XL7 dibanderol mulai dari Rp230 juta hingga Rp267 juta (OTR Jakarta) di varian tertinggi. Berikut harga Suzuki XL7 selengkapnya:

Suzuki XL7 Zeta M/T Rp230 juta, Suzuki XL7 Zeta A/T Rp240,5 juta, Suzuki XL7 Beta M/T Rp246,5 juta, Suzuki XL7 Beta A/T Rp257 juta, Suzuki XL7 Alpha M/T Rp256,5 juta, Suzuki XL7 Alpha A/T Rp267 juta./ JOURNEY OF INDONESIA