Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan - PWI Buktikan Ketangguhan Motor Kawasaki

By Ibonk November 10, 2021 194
Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan - PWI Buktikan Ketangguhan Motor Kawasaki Kawasaki W175 TR (Ibonk)

Keterlibatan PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menjadi sangat penting dalam perjalanan tim Turing Jelajah Kebangsaan Wartawan - PWI mengelilingi Nusantara. Perjalanan yang menempuh jarak sejauh 17.000 km ini memang membutuhkan sosok kuda besi yang tangguh dan handal di segala medan jalan dan cuaca.

Hal ini dibuktikan sendiri oleh para rider, diantaranya: Sonny Wibisono (otomotif1.com), Indrawan Ibonk (JourneyofIndonesia.com), Agus 'Blues' Asianto (trenzindonesia.com), dan Yanni Krishnayanni (askara.co), yang terlibat dalam perjalanan Kebangsaan menjelajahi 34 provinsi serta melintasi 15 pulau di seluruh Indonesia.

Sebanyak 2 unit motor Kawasaki W175TR, 1 unit motor Kawasaki KLX 150 dan 1 unit motor Kawasaki KLX 230 saat ini telah menempuh jarak sejauh 1.766 km selama 13 hari perjalanan.

Ketangguhan mesin Kawasaki W175TR melintasi tanjakan di rute pegunungan memang harus diakui dan tidak perlu diragukan lagi kemampuannya. Handling tetap stabil walaupun motor sudah ditambah dengan beban muatan yang cukup berat.

Ke empat motor Kawasaki yang dipakai untuk event Jelajah Kebangsaan Wartawan keliling Nusantara IbonkKeempat motor Kawasaki yang dipakai untuk event Jelajah Kebangsaan Wartawan keliling Nusantara (Ibonk)

Begitupun juga dengan tunggangan berjenis trail KLX 150 dan KLX 230, keraguan akan penggunaan ban tahu pada kedua motor ini kini sudah terbantahkan melalui pembuktian selama hampir 265 jam perjalanan.

Gejala slip pada ban ketika dipakai di jalanan aspal dan getaran pada kemudi yang membuat tangan mati rasa hampir tidak pernah terjadi. Semuanya terasa stabil dikarenakan komposisi tekanan angin dan rebound shockbreaker sudah disesuaikan dengan beban yang ada pada kedua motor tersebut.

Disamping itu semua, tingkat kehati-hatian dan kondisi fisik yang prima disaat melakukan perjalanan di beragam kondisi jalanan ini menjadi syarat khusus agar segalanya dapat berjalan lancar./ JOURNEY OF INDONESIA