Anna Mariana, Tampilkan Tenun & Songket Nusantara di IMFW 2018

By Ibonk October 06, 2018 200
Anna Mariana, Tampilkan Tenun & Songket Nusantara di IMFW 2018 Beberapa karya Anna Mariana pada show tunggal di Indonesia Modest Fashion Week (IMFW) 2018 (Ibonk)

Anna Mariana yang dikenal sebagai desainer kondang kemarin malam, Jum’at 5/10/18 mempertunjukkan 60 busana Tenun Songket Nusantara karyanya dalam show tunggal di Indonesia Modest Fashion Week (IMFW). Semua busana yang ditampilkannya mengacu pada tema utama IMFW 2018 tersebut, yakni "Eksotisme Warisan Budaya Pesisir Indonesia” dengan garis mode yang sesuai dengan gelaran ini.

“Intinya saya mencoba memberikan nafas baru dengan menampilkan berbagai gaya fashion trendi namun tetap bersahabat dengan pakem hijab, yang longgar di badan dan tidak membentuk lekuk tubuh,” ungkap Anna Mariana.

Untuk mematangkan konsep show tunggalnya tersebut, Anna juga menampikan beragam musik dan tarian antara lain dari Jakarta (Betawi), Bali dan Kalimantan. “Hiburan ini tetap memperlihatkan kesenian islami. Untuk baju penari misalnya, tidak dikenakan yang terbuka,” kata Anna yang merupakan Founder & Designer pada butik House of Marsya.

Kembali lagi ke busana, Anna menampilkan  beberapa tema design tenun dan songket kawasan pesisir yakni dari Sumatra (diwakili Aceh dan Jambi), Jawa (diwakili Songket Babe (singkatan sekaligus akulturasi budaya Bali Betawi), Kalimantan (Samarinda dan Dayak), Sulawesi (Makassar dan Gorontalo), NTB & NTT  (Sumba dan  Pahikung)  dan Bali.

Salah satu tenun dan songket dari Aceh yang dibalut warna cerah cemerlang IbonkSalah satu tenun dan songket dari Aceh yang dibalut warna cerah cemerlang (Ibonk)

Khusus tenun dan songket dari Aceh yang dibalut warna cerah cemerlang, Anna menggarapnya ke dalam busana style Maroko. Baju-baju tunik selutut dengan detail design pintu Aceh warna emas pada bagian lengan balon,  dipadu celana serut beraksen  di pergelangan kaki. Baju bergaya Maroko ini terlihat mahal dengan tampilan songket memenuhi bagian dada.

Dari Jakarta, Anna memamerkan gaun-gaun panjang cantik  dari bahan tenun dan Songket Babe. Tenun dan songket Babe merupakan master piece  karya Anna dan telah menjadi signature yang diciptakannya khusus untuk Betawi sejak Desember 2016.

“Saya  mengkreasikan tenun dan songket Babe dengan mengambil design bermacam ikon  Betawi, seperti Ondel-ondel, Monas, ornamen Gigi Balang,” ucap Anna yang pernah dengan gemilang membawa karya ini ke DC  Fashion Week, Washington DC Amerika, pada 25 Februari 2018 silam.

Anna Mariana menerima bouquet selepas show pergaan busana tunggalnya IbonkAnna Mariana menerima bouquet selepas show pergaan busana tunggalnya (Ibonk)

Khusus design tenun dan songket Bali yang berupa jumputan, tenun Cepuk Rang Rang dan lain-lain, akan dimunculkan Anna sebagai peragaan andalan sekaligus pamukas dari pergelaran karyanya di IMFW 2018. “Khusus karya dari Bali  ini, bahannya  ditenun dari benang sutera murni. Saya mengkreasikannya menjadi kebaya pengantin, dipadu brokat juga tile. Ada payet-payet dari batu swarovski yang mengesankan busana-busana pengantin itu semakin mewah”.

Anna berharap masyarakat yang datang menonton karyanya di IMFW  bisa  mengetahui  kelebihan acar ini yang berbeda dari ajang sejenis. “Kelebihan IMFW  bukan  hanya memperlihatkan dan mengangkat wastra nusantara dan modest dari kawasan pesisir semata. Tapi memperlihatkan tenun dan songket sebagai pusaka leluhur  Indonesia juga warisan peradaban Islam,” tutup Anna./ JOURNEY OF INDONESIA