Yungyung Hadirkan Karya Modern, Edge dan Tetap Tribal di JFFF

By Rachmat Basuki August 28, 2019 372
Yungyung Hadirkan Karya Modern, Edge dan Tetap Tribal di JFFF Salah satu rancangan Rinaldy A. Yunardi di JFFF 2019 (Ist)

"Aku, Untukmu Indonesia” adalah suatu perjalanan bagi seorang Rinaldy A. Yunardi selaku Fashion Accessories Designer. Tidaklah mudah untuk menemukan karakteristik kebudayaan di Indonesia yang sangat beragam untuk kemudian di terjemahkan dalam asesoris fashion. Untuk itu diperlukan riset dan membaca buku tentang berbagai literasi budaya Indonesia secara intens.

Hal tersebut disampaikan oleh pria yang akrab disapa Yungyung sebelum menggelar peragaan fashion accessories dalam annual event Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) 2019 di Kelapa Gading belum lama ini.

Riset khusus produk terbaru dan bertemakan Indonesia ini memang sulit banget dan bagaimana harus tahu lebih dalam. Sebab, masing-masing daerah di Indonesia memiliki ciri khas dan karakter.

“Contoh Pulau Kalimantan. Sulit untuk membedakan. Makanya saya ambil pakaian pengantin. Kemudian ada ikon-ikon daerah seperti Kujang untuk mewakili Jawa Barat, Rumah Gadang untuk Sumatera Barat. Ini sulitnya, dan saya harus mencari yang otentik dengan budaya masing-masing,” ungkap Yungyung.

Rancangan Rinaldy A. Yunardi lainnya di JFFF 2019 IstRancangan Rinaldy A. Yunardi lainnya di JFFF 2019 (Ist)

“Suatu kebanggaan bagi saya untuk ikut berpartisipasi dalam rangkaian acara show JFFF Awards dalam rangkaian Fashion Festival JFFF. Ini menjadi show pertama saya dengan keseluruhan koleksinya terinspirasi dari kebudayaan Indonesia yang saya aplikasikan ke dalam bentuk aksesoris yang kaya detail dan menjadi ciri khas dari rancangan saya.”

Dalam event ini Yungyung pada menampilkan 34 koleksi dari masing-masing daerah di Indonesia ditambah lagi satu koleksi (istimewa) yaitu Ibu Pertiwi. Yungyung pun mengaku bersyukur, bahwa dengan project ini ia jadi belajar lebih banyak dan mendalam tentang budaya Indonesia. “Saya selalu menghayalkan ingin menampilkan dan mengangkat budaya Indonesia ala Rinaldy yang lebih modern, edge dan masih tetap tribal,” tambahnya.

Dalam persembahan istimewanya kali ini rancangan aksesoris Yungyung diwujudkannya dalam bentuk aksesoris bergaya tribal yang lebih modern dan edgy, serta dengan sentuhan khas ala Rinaldy. Seluruh aksesories fashionnya dirancang secara handmade dengan menggunakan teknik Filigri, Tatah atau Dodokan, dengan menggunakan bahan logam yang didominasi warna emas, silver dan tembaga.

Detail pada salah satu rancangan Rinaldy A. Yunardi di JFFF 2019 IstDetail pada salah satu rancangan Rinaldy A. Yunardi di JFFF 2019 (Ist)

Bagi JFFF, ini merupakan kali pertama dalam fashion show-nya dengan menghadirkan fashion accessories designer, dan tidak tanggung-tanggung langsung menggandeng designer berkelas dunia, dimana karyanya telah digunakan oleh selebriti dunia seperti Madona, Lady Gaga, Rihana, Beyonce, Nicki Minaj, Cher, dan lainnya.

“Dalam Show malam ini saya di dampingi para sahabat yang luar biasa, Agus Lim—designer jas pria yang saya diberikan tantangan membuat jas wanita, kemudian untuk sepatu saya dibantu oleh Thang Shoes, dan make up by Donny Liem,” sebut Yungyung./ JOURNEY OF INDONESIA