Tips Mengoptimalkan Vivo V11 dan V11 Pro

By Yulia January 14, 2019 577
Tips Mengoptimalkan Vivo V11 dan V11 Pro Vivo V11 (Ist)

Vivo V11 Pro, ponsel cerdas flagship keluaran Vivo Smartphone telah dilengkapi dengan sejumlah fitur canggih dan teknologi terkini, di antaranya adalah Screen Touch ID, Ultra All-Screen, AI Camera, dan Dual Engine Fast Charging.

Selama ini sejumlah kemampuan pada kedua smartphone itu telah banyak diketahui seperti memiliki kamera depan 25 MP, prosesor octa-core dan kamera utama ganda. Namun ada pula fitur dan pengaturan lain untuk mengoptimalkan Vivo V11 dan V11 Pro. Namun demikian bagi sebagian pengguna, fitur-fitur yang ada jarang dimaksimalkan sehingga penggunaan Vivo V11 Pro menjadi kurang optimal.

Vivo memiliki 8 (delapan) tips menarik untuk para pengguna V11 Pro yang suka ngoprek smartphone agar penggunaannya dapat semakin memudahkan berbagai macam aktivitas yang dijalankan. “Selain dilengkapi dengan sejumlah teknologi terkini, Vivo V11 Pro dan V11 sebenarnya juga menyertakan pengaturan yang mempermudah pengguna dalam mengoperasikan smartphone mereka. 

02 Salah satu pengaturan untuk personalisasi smartphone Vivo V11 Ist

Salah satu pengaturan untuk personalisasi smartphone Vivo V11 (Ist)

Dengan mengekplorasi seluruh fitur dan pengaturan yang ada maka pengguna akan menemukan kelebihan dari smartphone Vivo, sehingga segala aktivitas akan terasa lebih optimal,” ujar Edy Kusuma, General Manager for Brand and Activation PT Vivo Mobile Indonesia.

Nah dibawah ini ada delapan tips untuk mengoptimalkan Vivo V11 dan Vivo V11 Pro, dengan mengoprek fitur dan pengaturan di dalam ponsel tersebut:

1. Memilih Aplikasi Standar

Pengguna V11 Pro dan V11 dapat mengatur sendiri aplikasi default atau standar yang berguna untuk membuka internet, memutar musik dan video, membuka dokumen, membaca e-book/PDF, dan lainnya. Untuk menentukan aplikasi standar yang diinginkan, pengguna smartphone Vivo cukup melakukannya dari dengan membuka menu Settings > More settings > Permission settings > Default app settings. 

2. Mengatur Ulang Setelan Gestures 

Sebagian pengguna Vivo V11 Pro atau V11 mungkin akan terganggu dengan fitur-fitur berbasis gesture atau gerakan tangan. Misalnya seperti saat mengangkat panggilan telepon otomatis, menurunkan volume musik atau ringtone ketika menerima panggilan telepon, dan sebagainya. Nah, anda dapat mengaturnya melalui menu Settings > Smart Motion > Smart Turn On/Off Screen. Jika tidak menginginkan fasilitas ini, pengguna cukup menonaktifkannya saja.  3. Mode Full-Screen 

Kebanyakan aplikasi pihak ketiga (third-party apps) belum mendukung untuk ditampilkan di layar penuh. Namun, pada smartphone yang telah mendukung layar lebar dengan desain Ultra All-Screen seperti Vivo V11 Pro dan Vivo V11, Vivo menyediakan fasilitas agar aplikasi yang diinginkan pengguna bisa tampil penuh dengan cara mengatur rasio layar. 

Pengguna hanya perlu membuka menu Settings > Display & Brightness > Third Party app display ratio. Tentukan seluruh aplikasi yang akan ditampilkan secara fullscreen, misalnya YouTube, Instagram, Games, Video Players, WhatsApp, dan lainnya. 

4. Menampilkan Smart Split

Fitur Smart Split berguna untuk menampilkan pesan yang masuk dari aplikasi sosial media seperti Twitter. Ikon yang mengambang atau floating icon akan tampil di layar dan bisa digeser untuk menampilkan pesan hingga tampil separuh layar. Untuk mengaktifkannya, pengguna cukup membuka menu Settings > Smart Split > Message screen splitting

Ikon yang mengambang tersebut dapat didukung pada tampilan fullscreen di beberapa aplikasi seperti Google Play Movies & TV, Google Chrome, Gmail, Videos, WPS Office, File Manager, Calculator, Browser, YouTube, Maps, Microsoft Excel, dan Word. 

5. Fitur App Clone

Pengguna smartphone yang terbiasa melakukan aktivitas multitasking akan sangat terbantu dengan kehadiran fitur App Clone ini. Untuk mengaturnya, pengguna hanya perlu mengaktifkannya di menu Settings > App Clone, dan pilih aplikasi yang akan dijalankan bersamaan. Pengguna dapat melihat dua ikon aplikasi yang sama pada home screen atau app drawer dan dapat log in menggunakan akun berbeda dalam aplikasi yang sama.

6. Menyesuaikan Fitur Always-On Display

Vivo V11 Pro dan V11 telah dilengkapi dengan layar Super Amoled sehingga pengguna dapat menikmati tampilan layar Always-On dengan penggunaan baterai minim. Pengguna juga bisa menyesuaikan tampilan jam hingga menambahkan tekstur background pada jam tersebut. Untuk mengatur mode tampilan Always-On ini, pengguna dapat menuju opsi pengaturan Lock screen, home screen, and wallpaper > Always on Display. Untuk memilih tipe jam, pengguna dapat mengaturnya di clock type, lalu pilih gaya jam dan background yang disukai.

 

7. Memburamkan Aplikasi 

Fitur Blur Display berguna untuk menampilkan aplikasi-aplikasi yang sedang terbuka di background. Hal ini berguna untuk mencegah orang lain melihat aplikasi yang sedang dibuka oleh pengguna. Untuk mengaktifkannya, pengguna Vivo V11 Pro dan V11 cukup membuka menu Settings > More settings > Recent apps, lalu mengaktifkan bagian Blur Display dengan cara menggeser tombol slider.

 

 

8. Mengubah Animasi Fingerprint Animation Styles

Animasi fingerprint atau Screen Touch ID pada Vivo V11 Pro juga bisa diubah oleh pengguna. Terdapat sejumlah pilihan animasi yang menarik. Untuk mengaktifkannya, pengguna perlu membuka menu Settings > Fingerprint, face, and password > Fingerprints. Jumlah gaya animasi untuk membuka (unlock) layar di Vivo V11 Pro akan bertambah ketika ada update sistem Funtouch OS dari Vivo. 

Sebenarnya masih terdapat banyak fitur-fitur yang dapat dipersonalisasi oleh pengguna melalui menu Settings di Vivo V11 Pro atau V11. Beberapa tips yang dijelelaskan di atas bisa juga diaplikasikan untuk seri Vivo lainnya. Selamat mencoba dan dapatkan kemudahan bagi para pengguna smartphone Vivo./ JOURNEY OF INDONESIA