Berikut Cara Untuk Melindungi Diri dari Virus Corona

By Nuhaa March 05, 2020 335
Berikut Cara Untuk Melindungi Diri dari Virus Corona Lawan Virus Corona lewat perilaku sehat dan kebersihan diri (Ist)

Virus corona yang sedang menyebar saat ini menyerang sistem pernapasan ini telah menyebabkan kegemparan di seluruh dunia. Termasuk di Indonesia yang baru saja mengkonfirmasi dua kasus virus corona. Nah, saat ini pemerintah menyarankan bahwa masyarakat Indonesia harus tetap waspada terhadap penyebaran virus ini. Karena itu, apa yang harus kita lakukan sekarang adalah menjaga kebersihan diri untuk mencegah terkena infeksi virus ini.

Berikut cara untuk melindungi diri kita dari virus corona seperti yang disarankan oleh World Health Organization (WHO):

1. Rajin mencuci tangan
Meskipun terkesan sepele, ternyata mencuci tangan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Virus corona dapat menyebar melalui kontak fisik dengan pasien yang terinfeksi saat mereka batuk atau bersin dan juga melalui benda-benda di tempat umum. Untuk itu, pencegahan yang paling penting adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih.

Selanjutnya, World Health Organization (WHO) telah lama menganjurkan mencuci tangan secara menyeluruh harus dengan menggunakan sabun. Sering mencuci tangan dengan sabun dan air dapat membantu menghilangkan virus-virus dari tangan kamu. Tujuannya adalah agar bakteri atau virus tidak dapat masuk kedalam tubuh sehingga kita dapat terhindar dari paparan berbagai jenis penyakit.

2. Batuk atau bersin ke Tisu/ Siku
Jika pilek, hidung beringus atau batuk dan sedang berada di tempat umum, sangat penting untuk memastikan untuk menutup mulut menggunakan tisu atau dengan siku bagian dalam. Hal ini untuk mencegah penyebaran dari virus corona. Perlu juga dipastikan bahwa cara menutup mulut sudah benar. Hindari menutup mulut dengan tangan kosong, karena jika kamu menyentuh sebuah benda setelah itu di tempat umum, maka virus bisa terdapat di benda tersebut, dan bisa pindah menularkan ke orang lain yang memegang benda tersebut.

Saat bersin, atau batuk di tempat umum, tutup mulut dengan sebuah tisu atau sapu tangan. Jika tidak ada, tutup dengan siku bagian dalam atau bagian lengan atas. Direkomendasikan untuk bersin dengan menutup mulut menggunakan siku bagian dalam. Kesadaran seperti itu akan mengurangi resiko terpapar virus corona. Buang tisu segera ke dalam tempat sampah yang tertutup dan cuci tangan setelah batuk atau bersin.

3. Hindari menyentuh wajah
Menurut Alistrair Miles, seorang peneliti dari Oxford University, semua orang harus berhenti menyentuh wajah mereka karena virus dapat bertahan di permukaan dan dapat berpindah ke orang berikut yang menyentuhnya. Menyentuh wajah dapat mentransfer virus melalui mulut, mata dan hidung. Penelitian sebelumnya di tahun 2013 menemukan bahwa pengguna transportasi umum rata-rata menyentuh permukaan penuh kuman 3,3 kali dalam satu jam. Penelitian yang sama mencatat bahwa orang menyentuh mulut dan hidung mereka rata-rata 3,6 kali per jam.

Hindari menyentuh wajah, hidung, atau mulut saat tangan kotor atau belum dicuci adalah sangat penting. Faktanya, bagian-bagian wajah ini adalah saluran yang sempurna untuk kuman yang tak terhitung jumlahnya dan virus-virus untuk masuk dan menginfeksi tubuh. Sebagai tangan yang menyentuh banyak permukaan yang dapat terkontaminasi dengan virus, dapat mentransfer virus dari tempat lain ke wajah.

StopPanikLawanCorona Ist#StopPanikLawanCorona (Ist)

4. Masak makanan hingga benar-benar matang
Memelihara stamina, memiliki pola hidup yang sehat, melakukan etika batuk dengan benar, dan minum banyak air merupakan cara yang dapat dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, menghindari kontaminasi silang dengan memisahkan makanan mentah dari makanan matang atau makanan siap saji.

Kita dapat membunuh bakteri dengan memasak daging sampai matang. Masak daging, ayam, telur, yang akan dikonsumsi sampai benar-benar matang. Pisahkan pisau atau talenan yang digunakan untuk proses bahan mentah dan matang. Membedakan pemakaian pisau yang digunakan untuk memotong makanan mentah dan makanan matang, sehingga tidak akan terjadi kontaminasi silang.

5. Hindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit
Jaga jarak dengan orang-orang saat mereka sedang batuk, bersin dan memiliki demam. Kontak intensif dengan pasien akan memfasilitasi perpindahan dari virus ini. Penularan dapat terjadi melalui kontak dekat seperti bekerja di dalam satu ruangan atau fasilitas umum yang telah terpapar virus dari orang yang sakit. Itulah mengapa sangat disarankan bahwa orang yang sakit harus memakai masker untuk menutupi mulut mereka, sementara itu tidak perlu menggunakan masker bagi orang sehat, mereka harus menjaga gaya hidup sehat untuk mencegah diri mereka jatuh sakit.

Semua orang harus secara agresif mencegah penyebaran virus corona. Likee fokus menyebarkan informasi bagi orang-orang agar selalu melindungi diri mereka di tengah wabah virus Corona ini. Melalui #StopPanikLawanCorona, Likee bekerjasama dengan dokter dan suster untuk menyediakan informasi terkait virus corona.

Lewat video pendek, petugas kesehatan dapat berpartisipasi secara virtual dalam mencegah penyebaran virus corona dengan menunjukkan apa saja yang harus dilakukan untuk melindungi diri dari virus. Selain itu juga mengajak orang-orang yang sedang sakit untuk memakai masker agar virus tidak menular ke orang lain atau mandek di tempat-tempat umum, hal ini seperti yang disarankan oleh pemerintah./ JOURNEY OF INDONESIA