8 Tips Agar Kulit Tetap Segar

By Yulia January 28, 2019 334
8 Tips Agar Kulit Tetap Segar (Doknet)

Namanya juga manusia. Usia akan selalu bertambah. Elastisitas kulit perlahan-lahan akan berkurang. Semuanya merupakan hal yang wajar, dan tidak perlu dikhawatirkan. Meskipun demikian, bukan berarti kita tidak merawat kulit, bukan? 

Berikut kiat kiat agar kulit senantiasa tampil segar dan bercahaya, berapapun usia kita; 

1. Yoga Gerakan yoga seperti Child’s Pose, Downward-Facing Dog, serta Sun Salutations meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Efeknya, tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Penelitian terbaru menyebutkan, latihan yoga secara teratur dapat mengurangi peradangan serta stres yang mempercepat penuaan pada kulit. Kabar baiknya, gerakan child’s pose (bersujud) ini ada pada hampir setiap ajaran agama. Jadi, jika Anda tidak tertarik melakukan yoga, cara lain sesuai keyakinan Anda pun bermanfaat. 

2. Makan Kacang Almond Seorang dermatologis asal New York, Doris Day, MD, mengatakan, makanan yang pertama ia konsumsi setiap hari adalah kacang almon. “Kacang almon mengandung asam lemak esensial yang dapat membantu mencegah peradangan penyebab keriput, vlek hitam, serta menurunnya elastisitas kulit.” Manfaat yang sama juga bisa diperoleh dari ikan-ikan yang kaya zat Omega-3 seperti Salmon, Tuna, dan Halibut. 

3. Matikan Telepon Genggam “Mulai pukul 8 malam, saya selalu mematikan telepon genggam untuk menghindari gangguan yang dapat memicu stres,” ujar Annie Chiu, MD dermatolog asal Los Angeles. Kelola kembali alokasi waktu untuk menonton televisi, membaca koran, atau berinteraksi di social media. Tanpa kita sadari, padatnya lalu lintas topik dan berita di facebook, twitter, atau path bisa ikut memboroskan energi. Netralkan kontaminasi informasi dengan melakukan meditasi. Seimbangkan pikiran Anda dengan membaca buku-buku inspirasi, atau yang menenangkan hati. 

4. Minum Teh Hijau Hasil riset menyatakan, teh hijau mengandung komponen yang bersifat melindungi kulit seperti EGCG dan theaflavins. Iringi dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, utamakan bahan makanan segar berkualitas. Makanan kemasan, lupakan saja ya… 

5. Kelola emosi stres berat dapat meningkatkan produksi hormon penyebab jerawat dan pencetus memburuknya psoriasis. Untuk membantu mengelola stres, Chiu menyarankan agar kita meluangkan waktu khusus untuk melakukan aktivitas yang membantu mengelola stres. Sekadar info, merawat tubuh seperti menggunakan masker wajah selama 10 menit, sudah cukup efektif menjinakkan stres, lho! 

Sun solutationSalah satu pose yoga Sun Salutation (Doknet)

6. Kompres Mata Menggunakan kantung teh celup yang sudah didiamkan selama semalam di dalam lemari pendingin. Cara lain, ambil sebuah timun, iris halus. Gunakan irisan timun tersebut untuk mengompres mata. Jika perlu, kita juga bisa melakukannya pada anggota tubuh yang lain seperti wajah, leher, kedua tangan, juga kaki. Lakukan di pagi hari, usai bangun tidur. Niscaya, mata dan kulit kita menjadi lebih segar. 

7. Pilih Karbohidrat Berkualitas Penguraian gula dalam tubuh yang biasa disebut glikasi dapat merusak kolagen yang berfungsi menjaga kulit tetap halus dan kencang. Untuk menghindari glikasi yang berlebih, Naila Malik, MD, dermatologis dari Texas, menyarankan agar kita mengkonsumsi karbohidrat dengan kadar indeks glikemik rendah. Ciri-cirinya antara lain yang tinggi kandungan serat, kaya antioksidan, dan sebisa mungkin mengandung enzim. Contohnya, nasi merah atau pecah kulit, kentang rebus yang dimakan bersama kulitnya, juga sayur-sayuran segar. 

8. Gunakan Tabir Surya Banyak orang menganggap sepele penggunaan tabir surya, padahal ini sangat penting untuk menjaga kondisi kulit tetap sehat. Sinar matahari serta polusi udara yang semakin hari semakin kurang bersahabat dapat memicu masalah pada kulit, seperti kulit kusam, keriput, bahkan meningkatkan risiko kanker kulit. Gunakan krim tabir surya SPF 30 atau lebih, pada area wajah, leher, dan telinga, atau area lain yang rentan terkena paparan sinar matahari. Oleskan kembali setiap 3-4 jam./ JOURNEY OF INDONESIA