Tanaman Lavender Dan Serai, Mana Yang Lebih Ampuh Usir Nyamuk?

By Yulia January 30, 2019 485
Tanaman Lavender Dan Serai, Mana Yang Lebih Ampuh Usir Nyamuk? Serai dan Levender (Ist)

Memasuki musim penghujan saat ini, pastinya harus mulai waspada dengan penyakit terutama Demam Berdarah Dengue (DBD). Berbagai cara dilakukan agar rumah  selalu bersih dengan nyamuk. Untuk menyiasatinya beberapa orang menanam tanaman yang dipercaya ampuh untuk mengusir nyamuk. 

Ada dua tanaman yang dipercaya dapat menyiasati agar tidak diserbu koloni nyamuk. Tanaman Lavender dan Sereh atau Serai dipercaya ampuh mengusir nyamuk.

Tapi benarkah demikian?

Menurut peneliti EDP dari Universitas Gadjah Mada, dr. Riris Andono Ahmad, MPH, PhD, ada beberapa tanaman seperti lavender atau tanaman lain yang bisa mengusir nyamuk. Namun untuk sereh belum ada penelitian yang memastikan hal tersebut.

dr. Riris menambahkan, tanaman sereh untuk mengusir nyamuk memang banyak dimanfaatkan secara tradisional dan sifatnya turun-temurun. Namun tidak seperti lavender, penelitian mengenai sereh memang belum mendetail.

"Ada beberapa tanaman yang memang mampu mengusir nyamuk. Seperti lavender itu memang sudah terbukti. Terkait dengan sereh, secara tradisional memang orang menggunakan minyak sereh. seberapa efektif, terus terang belum tahu," tuturnya.

Cara yang paling efektif adalah meminimalkan  ruang gerak para nyamuk untuk berkembang biak tetap harus dilakukan dengan menghindari adanya genangan air yang tidak terpantau.

Pakar insektisida nabati Prof. Dadang dari Departemen Proteksi Tanaman Institut Pertanian Bogor (IPB) merekomendasikan 3 tanaman, yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk Aedes Aegypty. Tanaman ini mengandung senyawa Diethylmeta Toluamida (DEET) yang aromanya tidak disukai nyamuk, sehingga bisa menurunkan risiko tergigit.

"Untuk lingkungan rumah tangga bisa dicoba sereh (serai), lavender, dan zodia untuk mengusir nyamuk. Tanaman sebaiknya jangan ditanam terlalu jauh dari rumah serta dirawat dengan baik supaya efektivitasnya meningkat," kata Prof. Dadang pada Selasa (29/01/2019) kemarin.

Perawatan yang dimaksud tak sekadar menyiram atau memberi pupuk pada tanaman. Pemangkasan perlu dilakukan jika daun tanaman sudah terlihat terlalu rimbun, atau tumbuh terlalu rapat. Metode perawatan ini memudahkan tanaman tumbuh dengan baik, yang akan meningkatkan efektifitasnya mengusir nyamuk.

Penggunaan sereh, lavender, dan zodia sebagai tanaman pengusir nyamuk sebetulnya bukan hal baru. Namun, tanaman biasanya digunakan dalam bentuk ekstrak yang sudah menjadi produk tertentu misal lotion atau semprotan aerosol. 

Menurut Prof Dadang, tanaman dalam bentuk utuh atau esktrak sama-sama bisa mengusir nyamuk Aedes Aegypty. Namun akan lebih baik jika dibarengi metode Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), serta perilaku hidup bersih sehat./ JOURNEY OF INDONESIA