Berikut Solusi Agar Terhindar dari Penipuan Tiket Pesawat OnLine via Socmed

By Ibonk January 18, 2020 263
Berikut Solusi Agar Terhindar dari Penipuan Tiket Pesawat OnLine via Socmed Illustrasi pemesanan tiket secara online (Ist)

Perkembangan teknologi digital menjadikan segalanya lebih mudah, salah satunya adalah kemudahan untuk mendapatkan tiket secara online. Namun pesatnya kemajuan tersebut tidak selamanya memberikan kenyamanan. Ada saja oknum yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan keadaan tersebut dengan mengaku sebagai sub-agen perjalanan online (online travel/OTA) yang tidak resmi saat ini.

Aktivitas mereka membuat konsumen harus berhati-hati dalam memesan tiket pesawat online, jangan tergiur harga tiket pesawat dengan diskon besar yang ditawarkan.

Biasanya, para pelaku penipuan melakukan modusnya dengan menawarkan tiket murah atau tiket promo melalui sosial media. Mereka mengaku sebagai agen atau bagian dari OTA. Para pelaku biasanya mengarahkan korban untuk menghubungi langsung pelaku via WhatsApp/telepon, untuk melancarkan aksi mereka. Setelah korban terbujuk, pelaku meminta korban untuk melanjutkan transaksi dengan memberikan nomor rekening pribadi. Mereka meminta korban untuk segera mentransfer ke rekening tersebut, dengan alasan ketersediaan kursi yang terbatas.

Dilatarbelakangi hal diatas, maka NusaTrip mengimbau agar Anda selalu waspada terhadap modus penipuan pemesanan tiket pesawat online. Pasalnya, masih ada saja traveler yang menjadi korban penipuan yang mengatasnamakan NusaTrip. Agar tak tertipu oknum yang mengaku sub agen atau bagian dari OTA, NusaTrip berbagi tips aman untuk membeli tiket pesawat online:

Hati-hati dengan penawaran diskon besar harga tiket pesawat, artinya jangan mudah tergiur dengan harga tiket penerbangan yang ditawarkan oleh oknum yang mengaku sebagai sub agen perjalanan online (yang biasanya dilakukan melalui akun sosial media dan blog). Terlebih lagi dengan iming-iming “Diskon Tiket 20% - 40%,” tanpa adanya syarat dan ketentuan yang valid.

Tampilan Web NusaTrip IstTampilan Web NusaTrip (Ist)

Lakukan pemesanan dari agen travel online resmi dan terpercaya, yakni konsumen diharapkan memesan langsung dari situs agen perjalanan online resmi yang telah diketahui profesionalitasnya dan mempunya reputasi yang bagus. Karena melaui agen perjalanan online jadwal perjalanan serta harga tiket pesawat dari berbagai maskapai ditampilkan secara real time.

Hindari pemesanan tiket pesawat melalui telepon atau aplikasi pesan singkat, artinya sebauknya konsumen menghindari memesan tiket pesawat melalui telepon atau SMS/WhatsApp/LINE dari oknum yang belum dikenal, terlebih jika nomor telepon yang digunakan adalah nomor telepon pribadi.

Luangkan waktu untuk merencanakan perjalanan secara mandiri, yakni dengan adanya agen-agen perjalanan online di Indonesia, maka traveler semakin dimudahkan dalam merencanakan perjalanannya, baik rute dalam negeri dan internasional.

Konsumen mendapat keleluasaan dalam bertransaksi, artinya agen perjalanan online, memberikan para traveler keleluasaan untuk membandingkan dan memilih maskapai penerbangan, memberikan rincian data penumpang dan berbagai metode pembayaran yang disukai. Dan untuk itu semua hanya menghabiskan waktu beberapa menit saja. Penipu tidak memiliki teknologi yang dapat berintegrasi dengan sistem maskapai penerbangan, inilah mengapa agen perjalanan online yang tidak resmi (penipu) hanya melayani via SMS/WhatsApp/LINE atau telepon untuk membeli tiket pesawat.

Akun palsu yang mengatasnamakan NusaTrip IstContoh akun palsu yang mengatasnamakan NusaTrip (Ist)

NusaTrip juga menghimbau agar kamu selalu waspada terhadap modus penipuan pemesanan tiket pesawat online karena sampai detik ini masih ada traveler yang menjadi korban penipuan yang mengatasnamakan NusaTrip. Setiap transaksi yang dilakukan dengan NusaTrip untuk proses pembayaran, tidak pernah menggunakan nomor rekening pribadi, melainkan menggunakan nomor rekening atas nama perusahaan, dengan nama yang tercantum adalah PT. Tunas Sukses Mandiri.

Dan untuk bantuan & pertanyaan seputar pemesanan tiket pesawat & hotel, NusaTrip menyediakan layanan Call Center (021) 5060 8747 atau melalui email di This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. & customer support 24 jam dan bisa diakses di halaman berikut: bit.ly/36P8ocW. Proses pemesanan tiket pesawat hanya dilakukan via website/mobile-site resmi NusaTrip.com dan aplikasi mobile NusaTrip bit.ly/2YX1iQg.

Adapun untuk Social Media sendiri, NusaTrip hanya memiliki masing-masing 1(satu) akun untuk social media Facebook, Twitter dan Instagram, yaitu @nusatrip untuk Instagram, @nusatrip.travel untuk Facebook dan @nusatrip untuk Twitter. Jadi, mohon berhati-hati dengan banyaknya akun palsu yang mengatasnamakan NusaTrip dalam menyediakan pelayanan tiket pesawat online./ JOURNEY OF INDONESIA