Kurang Seminggu Menjelang Imlek, Pembeli Penuhi Pasar Glodok

By Ibonk January 20, 2020 418
Kurang Seminggu Menjelang Imlek, Pembeli Penuhi Pasar Glodok Pernak pernik Imlek (Ibonk)

Menjelang perayaan tahun baru Cina (Imlek) 2571 yang bertepatan pada Sabtu (25/1) mendatang, kawasan Glodok sudah dipadati penjual pernak-pernik Imlek. Kios-kios tersebut juga telah dibanjiri pembeli. Mulai dari Jalan Kemenangan III, Petak Sembilan dan Jalan Pancoran Raya deretan pedagang musiman tersebut meletakkan pernak-pernik imlek tersebut dengan susunan yang menarik. Ada yang digantung, atau tersusun rapi di atas meja dengan warna merah menyala.

Pernak-pernik Imlek yang dijajakan juga memiliki bergam bentuk dan kebutuhan seperti lampion, stiker, gantungan mobil/ motor, angpao, ataupun boneka bertema shio tikus.

Polah pedagang juga tampil bermacam-macam, yang jelas mereka cukup gencar mempromosikan dagangannya. Seperti yang dilakukan Udin, salah seorang pedagan yang tampil menarik dengan menggunakan kipas besar berwarna merah dan juga bando bunga besar dikepalanya.

Udin salah seorang pedagan di Pasar Glodok IbonkUdin salah seorang pedagang di Pasar Glodok (Ibonk)

Dengan gerak gemulai Udin yang menempati kios dibelakang PD. Pasar Jaya Glodok menawarkan dagangannya dengan kata-kata dan gerak yang menghibur. Tak heran mengapa banyak pembeli singgah ke lapaknya untuk sekedar bertanya ataupun membeli beberapa pernak pernik keperluan imlek.

“Yang paling banyak dicari angpao dan lampion," ungkap Udin. Ia juga menambahkan barang-barang yang dijual seperti angpao dan pernak pernik kecil kebanyakan tidak di jual satuan. "Lebih murah beli per pak. Kalo harga tergantung jenis barang yang dijual, yaa.. kisaran 15 ribu sampai diatas 100 ribuan," tambahnya.

Hal yang sama juga disampaikan penjual lainnya, Muslimin. Laki-laki asal Palembang tersebut sama dengan lainnya sebagai pedagang musiman. "Tahun ini sepertinya penjualan sedikit lebih banyak dari sebelumnya. Ini mulai ramai seminggu menjelang imlek, sebelumnya sepi-sepi saja", ungkapnya.

Pembeli tengah memilih barang keperluan imlek 2 IbonkPembeli tengah memilih barang keperluan imlek (Ibonk)

Harga yang dijual pada masing-masing kios sebenarnya tak jauh berbeda. Tinggal lagi seberapa gigih para pembeli melakukan tawaran kepada para penjual. Untuk lampion tergantung ukuran sedang dan besar, dijual dengan harga Rp.150 ribu sampai Rp.300 ribu, uang emas kecil satu setnya dilepas Rp.20 ribu.

Sementara untuk hiasan pintu dibandrol dengan harga Rp.15 ribu hingga Rp.35 ribu, sedangkan tempelan terbuat dari kertas yang biasanya dipasang di pintu atau tembok seharga Rp.25 ribu hingga Rp.60 ribu.

Jika anda yang menyukai fotografi dan ingin hunting foto-foto dengan warna yang meriah dapat juga memanfaatkan moment ini. Banyak sekali hal yang bisa didokumentasikan dari pernak pernik yang cantik sampai dengan human interest atau street photography yang menarik./ JOURNEY OF INDONESIA

Last modified on Tuesday, 21 January 2020 11:40