Perayaan Imlek Nasional 2020 Angkat Tema Persatuan Bangsa

By Ibonk January 28, 2020 9275
Perayaan Imlek Nasional 2020 Angkat Tema Persatuan Bangsa Para pendukung Perayaan Imlek Nusantara 2020 (Ibonk)

Pada akhir bulan ini, masyarakat Tionghoa dari berbagai organisasi dan latar belakang di Indonesia, akan merayakan Imlek secara nasional. Tema yang diambil tahun ini bertajuk Bersatu untuk Indonesia Maju dan akan diadakan di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (30/1).

Terkait hal tersebut diadakanlah konferensi pers yang dihadiri oleh Ketua Panitia Perayaan Imlek Nasional 2020, Gandi Sulistiyanto yang didampingi oleh Sulistianto dari PSMTI (Persatuan Sosial Marga Tionghoa Indonesia), Arief Harsono (Fermabudi – Persatuan Umat Budha Indonesia), Cay Lionardi (Org. Tionghoa Kalbar) dan H. Sherian dari Persaudaraan Islam Tionghoa Indonesia (PITI).

Menurut Gandi Sulistiyanto bahwa tema persatuan dipilih untuk menghilangkan sekat kelembagaan, organisasi, dan kelompok "Kami menginginkan perayaan nanti, lepas dari sekat kelembagaan, organisasi dan kelompok".

Dirinya juga melanjutkan "Menunjukkan perbedaan adalah keniscayaan, dan tidak perlu menjadikannya sebagai sumber pertentangan. Yang dapat dan mesti kita lakukan adalah bersatu untuk tujuan yang lebih mulia, kesejahteraan, kebahagiaan dan kemajuan diri serta bangsa,” ujar Sulistiyanto pada saat temu media dibilangan Jakarta Pusat pada Senin (27/1).

Suasana konferensi pers Perayaan Imlek Nasional IbonkSuasana konferensi pers Perayaan Imlek Nasional (Ibonk)

Simbol dari persatuan itu, lanjut Sulistiyanto, juga akan ditunjukkan dengan kehadiran dari 29 Raja-Raja Nusantara yang menjadikan Imlek sebagai kegiatan budaya yang bisa dinikmati semua orang, bukan hanya etnis Tionghoa saja. “Untuk Indonesia yang semakin maju, sebagaimana tema perayaan kali ini, seluruh warga negara, termasuk suku Indonesia Tionghoa mesti mengambil peran aktif. Hal semacam ini cukup sering kita dengar dan ucapkan, tinggal kita laksanakan bersama dengan lebih serius dan ikhlas,” ungkapnya.

Acara ini juga akan diramaikan oleh puluhan UMKM yang akan menyediakan beragam makanan gratis kepada target pengunjung acara sebanyak 10.000-15.000 orang."Ini pertama kalinya kami melibatkan UMKM di perayaan Imlek Nasional. Ini penghargaan yang jauh lebih berharga dibandingkan plakat," kata Sulistiyanto lagi.

Perayaan Imlek Nasional 2020 juga akan dihadiri oleh keluarga pahlawan kemerdekaan Indonesia dan pahlawan olahraga yang mampu mengharumkan nama bangsa di ajang internasional.

Saat perayaan ini, sama dengan tahun lalu bahwa , Presiden RI, Joko Widodo akan dijadwalkan hadir untuk memeriahkan perayaan Imlek Nasional 2020 bersama seluruh komponen bangsa hadir, berkumpul dan berbagi./ JOURNEY OF INDONESIA

Last modified on Wednesday, 29 January 2020 11:31