Pemkab Sukabumi Beri Apresiasi pada Perusahaan Pendukung Pembangunan Berkelanjutan di Lima Desa

By Ismed Nompo March 19, 2020 83
Pemkab Sukabumi Beri Apresiasi pada Perusahaan Pendukung Pembangunan Berkelanjutan di Lima Desa Bupati Kab. Sukabumi, Drs.H.Marwan Hamami, MM berikan Piagam Apresiasi pada Indra Leksono, dari Government Liaison and Community Relation PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi (Ist)

SCG, melalui anak perusahaannya PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, memperoleh piagam apresiasi dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) atas kontribusinya terhadap pembangunan desa-desa di Kabupaten Sukabumi. Program Pemberdayaan masyarakat di lima desa tersebut diselenggarakan berdasarkan pada prinsip pembangunan berkelanjutan yang merupakan nilai utama SCG dalam menjalankan bisnisnya.

Kolaborasi antara SCG dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi ini juga bertujuan untuk mendukung penyelesaian masalah sosial yang meliputi lima aspek yaitu infrastruktur, kesehatan, pendidikan, ekonomi produktif, agama, serta budaya; dan untuk mendorong masyarakat Sukabumi untuk memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, Somchai Dumrongsil menjelaskan bahwa pihaknya cukup senang bisa berkolaborasi dengan pemerintah setempat, dan mengimplementasikan Program Pemberdayaan Masyarakat tahun 2019 untuk 5 desa di Kabupaten Sukabumi. Adapun kelima desa tersebut adalah Desa Sinaresmi, Kebonmanggu, Wangunreja, Tanjungsari, dan Sukamaju.

Apresiasi yang diberikan juga dianggap dapat menjadi sebuah motivasi untuk dapat terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat, sekaligus mendukung pemerintah kabupaten Sukabumi dalam mencapai tujuan pembangunan masyarakat yang berkelanjutan.

Dalam pelaksanaannya, program pemberdayaan masyarakat SCG di Kabupaten Sukabumi terintegrasi dengan rencana pemerintah di lima desa yang telah dikembangkan bersama antara pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi, kepala desa, dan tokoh masyarakat yang telah ditandatangani pada 30 November 2018 di Sukabumi. Kesepakatan ini merupakan bukti komitmen SCG dalam menaati peraturan dan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat dimana kami beroperasi.

“Saat ini kami tengah berfokus pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur bagi masyarakat Sukabumi. Oleh sebab itu, kami sangat mengapresiasi antusiasme SCG dalam berkolaborasi untuk mewujudkan Program Pemberdayaan Masyarakat, yang tentunya akan memberikan dampak dan akselerasi terhadap pembangunan ekonomi dan sosial di masyarakat,” jelas Dr. Maman Abdurahman, M.Pd., Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Adapun program-program yang dikembangkan oleh PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi bersama masyarakat antara lain program ekonomi kreatif: Keripik Pisang Kartini, Beasiswa untuk 465 siswa siswi SD dan SMP, Beasiswa SCG Sharing The Dream untuk 150 siswa tingkat SMA dan sederajat serta 4 mahasiswa tingkat sarjana, Klinik Keliling, dan berbagai pembangunan infrastruktur.

Program-program tersebut merupakan wujud nyata komitmen SCG terhadap pemberdayaan masyarakat dan penegakkan prinsip berkelanjutan, akuntabilitas, partisipasi pemangku kepentingan, transparansi, dan kemitraan. PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi juga berkomitmen untuk dapat terus berkontribusi pada tahun 2020 untuk mendukung Sukabumi yang lebih baik./ JOURNEY OF INDONESIA

Last modified on Friday, 20 March 2020 11:47