Garuda Terbang Perdana Kualanamu – Changi

Garuda Terbang Perdana Kualanamu – Changi Garuda buka kembali penerbangan Medan - Singapura (Ist)

Konsep 3A yakni Atraksi, Akses, dan Amenitas yang digaungkan Menpar Arief Yahya, terus digerilya di level implementasi. Membuktikan hal tersebut, untuk menambah Akses, membuka pintu lebih banyak wisman ke Indonesia, pada Selasa, 14 Juni 2016 bakal ditambah penerbangan Garuda Indonesia dari Kualanamu Medan ke Changi Airport, Singapore PP.

“Tentu ini akan menaikkan volume wisman menuju Medan Sumatera Utara, dengan ikon Danau Toba,” ujar Arief Yahya, Menteri Pariwisata di Jakarta. Menpar juga akan ikut dalam penerbangan perdana untuk memberi support kepada Garuda Indonesia yang ikut membantu memperkuat akses menuju destinasi pariwisata andalan. Sebelumnya, Garuda juga sudah membuka rute penerbangan dari Jakarta ke Silangit, Danau Toba, dan kini kawasan wisata Toba menjadi semakin bergairah. “Orang Singapore yang hendak ke Toba, juga semakin mudah,” kata Arief Yahya.

Dalam rangka terbang perdana itu, Arief Yahya pun langsung mempromosikan dengan menggunakan Endorser. Ada delapan jurnalis, dua blogger serta 10 travel agent Singapura diundang famtrip ke Sumatera Utara, 14-19 Juni 2016. Misi Kementerian Pariwisata (Kemenpar), mengajak media, blogger dan travel agent Singapura menikmati keindahan alam di provinsi yang kerap disebut Melayu Deli itu.

“Ketika Garuda Indonesia mensupport Kemenpar dengan membuka direct flight Changi-Kualanamu, 14 Juni 2016, maka kami akan membantu promosinya. Kami akan mengajak mereka dan menunjukkan potensi, keindahan alam dan budaya yang dimiliki Sumatera Utara. Sekaligus mempromosikan destinasi Danau Toba yang masuk dalam 10 Bali Baru itu,” terang I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, Minggu (12/6).

Bagi Kemenpar, strategi POSE ini bukanlah hal yang baru. Ini sudah pernah dilakukan saat even Gerhana Matahahari Total (GMT), 9 Maret 2016 silam. Hasilnya, nama Indonesia sontak mendunia. Pada 9 Maret 2016, GMT menjadi trending topic di twitter, facebook dan instagram. Nah, dahsyatnya kekuatan media itu ingin kembali dimanfaatkan kemenpar untuk mempromosikan rute baru Changi-Kualanamu.

“Dari statistik BPS, kunjungan wisman melalui pintu masuk Kualanamu, tercatat lebih dari 200.000 orang setiap tahunnya. Dengan hadirnya tambahan rute Singapura – Medan oleh Garuda Indonesia, kami yakin ini bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke destinasi Sumatera Utara,” tambah Pitana.

Garuda Indonesia memang tak sendirian dalam melayani rute Singapura-Medan. Sebelumnya, sudah ada Silk Air dan Jetstar. “Setelah ada direct flight Changi – Kualanamu pp yang dilayani Garuda Indonesia, angka kunjungannya sangat mungkin bisa bertambah lagi,” ucap Pitana. / JOURNEY OF INDONESIA

 

Last modified on Monday, 11 February 2019 16:25