Indonesia-Malaysia Sepakat Bangun Kerja Sama Kembangkan Pariwisata

By Ismed Nompo June 21, 2020 102
Indonesia-Malaysia Sepakat Bangun Kerja Sama Kembangkan Pariwisata Pariwisata Indonesia saat ini fokus ke pasar domestik (Ist)

Dalam sesi talk show webinar yang diinisiasi oleh TIN Media dengan Tajuk “Regional Tourism” Collaborative Opportunities Post Covid-19 Malaysia–Indonesia” pada (19/06/2020) kemarin, kedua negara sepakat kerja sama untuk membangun kembali sektor pariwista akibat pandemi Covid-19.

Nia Niscaya, Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyatakan, Malaysia merupakan salah satu mitra penting bagi pariwisata Indonesia.

Malaysia merupakan salah satu negara penyumbang wisatawan terbesar ke Indonesia. Di tahun 2019 lalu jumlah wisatawan yang berkunjung ke Indonesia mencapai 2,09 juta orang. “Indonesia dan Malaysia memiliki sejarah panjang dalam kerja sama di berbagai sektor, terutama pariwisata. Sehingga sangat penting bagi kami untuk bersama-sama meningkatkan kerja sama dalam upaya bangkit bersama dari Covid-19,” ungkap Nia.

Nia menjelaskan, kerja sama yang bisa dijalankan adalah bagaimana mendapatkan kepercayaan dunia bahwa kedua negara ini telah berhasil mengontrol penyebaran Covid-19 dan sepakat untuk menciptakan sebuah koridor perjalanan.

Kemenparekraf telah menyiapkan handbook yang mengacu kepada standar kesehatan global sebagai panduan teknis untuk pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Ini sangat penting karena gaining trustatau confidence adalah kunci dalam percepatan pemulihan.

“Penerapan protokol Cleanliness, Health and Safety (CHS) menjadi program penting yang saat ini tengah dijalankan. Sehingga saat nantinya gerbang antarnegara dapat dinyatakan dibuka, kepercayaan wisatawan akan faktor-faktor tersebut dapat terjaga dengan baik,” kata Nia Niscaya.

Penerapan CHS menjadi program penting yang sedang dijalankan oleh Kemenparekraf IstPenerapan CHS menjadi program penting yang sedang dijalankan oleh Kemenparekraf (Ist)

Hal senada dikatakan Menteri Pariwisata, Seni & Budaya Malaysia, Dato’ Sri Nancy bahwa Indonesia dan Malaysia harus dapat meningkatkan kerja sama untuk dapat meningkatkan sektor pariwisata kedepan. Untuk saat ini Malaysia masih akan lebih fokus dulu terhadap pasar domestik dengan berbagai program yang akan dijalankan. Selaras dengan penerapan protokol kesehatan yang juga akan dijalankan dengan ketat.

“Sektor pariwisata harus dapat beradaptasi dengan baik untuk dapat meningkatkan kembali kepercayaan wisatawan agar dapat melakukan perjalanan, tinggal lebih lama ke banyak destinasi,” ujarnya.

Ia mengatakan Malaysia mendapat dukungan penuh dari seluruh pemangku kepentingan pariwisata dan akan memanfaatkan berbagai platform digital untuk dapat menjalankan protokol kesehatan, pengawasan, serta promosi. “Malaysia sangat menikmati hubungan kerja sama yang terjalin dengan Indonesia selama ini dan berkomitmen untuk terus meningkatkannya ke depan,” tutupnya./ JOURNEY OF INDONESIA

Last modified on Sunday, 21 June 2020 12:40