Musisi Senior Bagoes AA Meninggal Dunia

Musisi Senior Bagoes AA Meninggal Dunia Bagoes A Ariyanto (Jose Choa Linge)

Kembali kabar duka datang dari ranah musik Tanah Air, musisi senior Bagoes A Ariyanto (Bagoes AA) meninggal dunia, Minggu (28/6) di RS Suyoto, Jakarta Selatan. Kabar terakhir yang tersiar bahwa kepergian almarhum dikarenakan penyakit ginjal dan komplikasi yang dideritanya. Almarhum Bagoes AA mengembuskan nafas terakhirnya sekitar pukul 14.30 WIB.

Almarhum yang terlahir di Switzerland pada 29 April 1957 yang merupakan putera ketiga dari H.Gatot Saryono dan Hj. Soeyati Soetejo. Ia juga meninggalkan seorang istri Nani Yunan yang dinikahinya pada 8 Oktober 1989 dan dua putranya Jody & Farel.

Sebagai musisi, nama almarhum cukup dikenal sejak era 1980-an lewat berbagai karyanya. Selain sebagai musisi, Bagoes juga dikenal sebagai arranger yang sangat produktif. Tak sedikit karya-karyanya semakin melejitkan nama-nama besar penyanyi yang dikenal pada masa itu, sebutlah Iwan Fals ('Jangan Tutup Dirimu'), Dian PP ('Imajinasi', 'Kubawa Kau Serta'), Vina Panduwinata ('Duniaku Tersenyum', 'Malam Kedua'), January Christy ('Cinta Dini'), Utha Likumahuwa ('Datanglah Ceria'), ataupun Trio Libels ('Rindu Ada Disini', 'Bukan Sekedar Mimpi').

Diluar itu, selain bersolo karier dengan beberapa albumnya "Ada Yang Lain" ataupun "Anak Mami" , Bagoes AA juga sempat membentuk Kelompok 3 Suara (K3S) bersama Dian Pramana Poetra dan Deddy Dhukun. Group ini sendiri cukup memiliki prestasi dan banyak dicintai fans musik Indonesia. Namun sayangnya bubar setelah mereka meluncurkan 3 album terbaik yakni "17½ Tahun ke Atas" (1985), "O... Ya?" (1986), dan "Bohong" (1987). Bagoes mengundurkan diri dari K3S pada 1989, 2 tahun setelah mereka menelurkan album ketiga.

Prestasi lain darinya adalah ketika namanya masuk dalam daftar 100 Pencipta Lagu Terbaik Indonesia versi Majalah Rolling Stone Edisi Februari 2014. Nama Bagoes AA tertera di urutan ke-36.

Nah, pada Juni 2020 ini setelah lama vacum dari dunia musik, Bagoes AA akhirnya kembali dengan meluncurkan album barunya berngaran "Euphoria". Album tersebut melibatkan beberapa nama penyanyi yang dipilihnya sendiri untuk menyanyikan 7 lagu karyanya seperti Richard Christian, Carlo Saba, Wansyah Fadli, Iwan Zen, serta Sita Nursanti

Tapi takdir memang berkata lain, Bagoes AA yang kita kenal dengan suara baritonnya ini harus menyongsong janjinya kepada sang Khalik dan album "Euphoria" yang baru saja dirilis ke pasar musik dalam negeri menjadi sebuah karya indah terakhirnya. Album ini juga menjadi pertanda bahwa dirinya tak pernah berhenti berkarya.

Selama jalan mas Bagoes, karyamu tetap akan abadi di hati./ JOURNEY OF INDONESIA

Last modified on Sunday, 28 June 2020 19:23