YPJI Akan Terus Membantu Profesi Jurnalis

By Ismed Nompo November 17, 2020 88
YPJI Akan Terus Membantu Profesi Jurnalis Bantuan Kemensos lewat YPJI kepada Jurnalis dan Masyarakat (Tyo)

Yayasan Peduli Jurnalis Indonesia (YPJI) telah membantu menyalurkan bantuan sembako kepada jurnalis terdampak Covid-19, yang diberikan oleh Kementerian Sosial RI. Bantuan ini dihantarkan mengingat bahwa profesi jurnalis menjadi salah satu yang ikut terdampak pandemi ini. Tak heran jika ada sebagian jurnalis yang harus mengalami nasib kurang beruntung, dengan tidak lagi dipekerjakan oleh tempatnya bekerja.

“Itu hanya sebagian kasus. Bagaimana dengan jurnalis yang gajinya dipotong, bahkan tidak digaji oleh perusahaannya yang juga terkena imbas pandemi,” ujar Ketua Umum YPJI Andi Arief saat ditemui di Posko YPJI, kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Pihak Kementerian sosial sendiri telah mengucurkan bantuan berupa paket sembako kepada beberapa komunitas jurnalis di Jabodetabek. Sebanyak 5000 paket bantuan disalurkan melalui YPJI. Sebagian diantaranya disalurkan ke masyarakat umum.

Tak hanya wilayah Jakarta, paket bantuan itu disalurkan juga ke kawasan Tangerang, Depok, dan Bekasi. “Kita lebih mengutamakan untuk profesi jurnalis. Selebihnya, kita juga memberikan untuk masyarakat yang sudah lebih dulu kita daftarkan,” aku Andi.

Untuk paket sembako ini berisi beras 10 kg, minyak goreng, biskuit, ikan makarel kaleng, dan susu bubuk. Andi juga menyampaikan bahwa profesi jurnalis agar mendapatkan perhatian lebih baik dari pemerintah. “Jurnalis itu adalah profesi yang membantu menyebarkan kabar baik, edukatif dan juga informasi ke masyarakat. Sudah selayaknya mendapat perhatian,” pungkas Andi

Kedepannya, YPJI tak hanya menyalurkan donasi, tapi juga akan berupaya untuk memberikan pelatihan usaha, pendidikan dan sejenisnya agar rekan-rekan jurnalis terdampak dapat segera bangkit dari keterpurukan ini./ JOURNEY OF INDONESIA