Penerbangan Langsung Garuda Jakarta - Labuan Bajo

By Ibonk October 28, 2016 1048
Penerbangan Langsung Garuda Jakarta - Labuan Bajo Rini Soemarno resmikan penerbangan langsung Garuda dengan tujuan Jakarta - Labuan Bajo (Antara)

Maskapai Penerbangan Nasional Garuda pada Kamis (27/10/2016) meresmikan penerbangan langsung Jakarta - Labuan Bajo (CGK - LBJ) pulang pergi. Ini bagian dari langkah strategis perusahaan dalam memperluas konektivitas penerbangan nasional dan peningkatan pasar domestic. Diluar itu bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam mengembangkan potensi wisata dan perekonomian yang berada di wilayah timur Indonesia.

Direct flight Jakarta-Labuan Bajo sendiri diresmikan oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang. Turut disaksikan juga oleh Direktur Utama Garuda Indonesia, M. Arif Wibowo, serta dihadiri oleh sejumlah jajaran Deputi Kementerian BUMN, dan lebih dari seratus direktur utama dan direksi BUMN yang akan terbang langsung ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Rini sendiri dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada Garuda Indonesia yang secara aktif berpartisipasi dalam upaya peningkatan pariwisata dan perekonomian Indonesia Timur, khususnya Labuan Bajo yang memiliki potensi wisata sangat besar. Dengan adanya penerbangan langsung ini, artinya Garuda Indonesia akan melayani dua kali penerbangan dari Jakarta ke Labuan Bajo setiap harinya. Satu penerbangan via Denpasar dan satu lagi penerbangan langsung yang baru saja diresmikan.

Penerbangan Jakarta-Labuan Bajo tersebut tersedia 6 kali dalam seminggu. Kecuali pada hari Sabtu, pesawat yang digunakan berjenis Bombardier CRJ1000 NextGen berkapasitas 96 tempat duduk (all economy class). Sebelumnya, sejak tahun 2013, Garuda Indonesia melayani penerbangan ke Labuan Bajo melalui Denpasar dua kali penerbangan setiap hari, dengan armada ATR72-600 yang berkapasitas 70 penumpang.

Penerbangan Jakarta-Labuan Bajo (GA 452) dijadwalkan berangkat dari Jakarta pada pukul 10.05 WIB dan tiba di Labuan Bajo pada pukul 13.35 WITA. Sedangkan untuk penerbangan Labuan Bajo-Jakarta (GA 453) dijadwalkan berangkat dari Labuan Bajo pada pukul 14.15 WITA dan tiba di Jakarta pada pukul 15.25 WIB.

Dibuatnya penerbangan langsung Jakarta - Labuan Bajo seiring dengan program pemerintah dalam mengembangkan 10 tujuan wisata baru di mana Labuan Bajo menjadi satu di antaranya. Dengan demikian, diharapkan target wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia sebanyak 20 juta per tahun di 2020 bisa tercapai. "Sasaran pengembangan penerbangan ke 10 destinasi wisata arahan Presiden. Labuan Bajo menjadi salah satu dari 10 wisata baru dan target 20 juta wisatawan di 2020 bisa tercapai," ujar Arief./ JOURNEY OF INDONESIA

 

Last modified on Monday, 11 February 2019 16:24