Ciptakan Mahasiswa Sadar Wisata Aktif, Lewat Pelatihan Pariwisata

Ciptakan Mahasiswa Sadar Wisata Aktif, Lewat Pelatihan Pariwisata Pelatihan pariwisata dalam upaya menciptakan kader sadar wisata aktif lewat Kemenpar "Goes To Campus” (Komblikpar)

Memberikan pemahaman kepada generasi muda akan pentingnya pariwisata terhadap performa kebangsaan di mata dunia, Kementerian Pariwisata merasa perlu untuk memberikan pelatihan pariwisata dalam upaya menciptakan kader sadar wisata aktif.

Hal tersebut dilaksanakan melalui program “Goes to Campus” yang dilakukan di Universitas Indonesia (UI), Depok, Senin (13/5/2019). Kegiatan ini dihadiri sekitar 500 mahasiswa UI yang memiliki misi untuk mewujudkan mahasiswa yang memahami alur proses, bisnis pariwisata, dan kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pariwisata.

Asisten Deputi Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan antar Lembaga Kemenpar, Wisnu Bawa Tarunajaya saat pelatihan dasar tersebut mengatakan bahwa pelatihan yang digelar bertujuan meningkatkan wawasan kepariwisataan bagi mahasiswa. Hal ini penting mengingat mahasiswa dapat menjadi kader atau agen kepariwisataan karena memiliki kecenderungan aktif pada berbagai platform media sosial.

“Saat ini kita bisa melihat kecenderungan mahasiswa atau bisa disebut kaum milenial, kalau berkunjung ke tempat wisata biasanya langsung meng-upload foto atau video, sehingga mampu menarik orang lain untuk mengunjungi lokasi wisata tersebut. Secara tidak langsung mereka telah membantu memperkenalkan potensi wisata yang dimiliki,” ujar Wisnu.

Mahasiswa sendiri sebagai ‘agent of change’ di lingkungan masyarakat merupakan tumpuan besar tujuan dalam mendukung pengembangan pariwisata. “Karena hal ini mahasiswa memiliki idealisme dan prinsip yang dapat dikembangkan apabila dapat ditunjang dengan motivasi dan pembelajaran yang tepat,” sambung Wisnu lagi.

Wisnu juga menjelaskan peran serta mahasiswa sangat diharapkan dalam memahami kondisi terkini pariwisata nasional, sehingga mereka dapat memahami peta konsep kepariwisataan nasional untuk bekal kewirausahaan dalam bidang pariwisata.

“Perguruan tinggi atau para akademisi sangat berperan dalam pengembangan sektor kepariwisataan salah satunya adalah peningkatan kapasitas SDM kepariwisataan melalui berbagai program pengabdian maupun riset,” kata Wisnu.

Pelatihan dasar ini menghadirkan beberapa narasumber yang memiliki kompetensi di bidang pariwisata antara lain Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Pariwisata dan Kebudayaan Kota Depok Wijayanto, Direktur Pengembangan Karir Lulusan dan Hubungan Alumni Universitas Indonesia Erwin Nurdin, dan Praktisi Pariwisata Dian Octarin./ JOURNEY OF INDONESIA

Last modified on Thursday, 16 May 2019 11:50