Bintan Thriatlon 2019, Hadirkan Nuansa Kompetisi Bagi Ribuan Peserta

Bintan Thriatlon 2019, Hadirkan Nuansa Kompetisi Bagi Ribuan Peserta Bintan Thriatlon 2019 (Ist)

Event tahunan sport tourism, Bintan Trathlon 2019 yang diselenggarakan pada 7-9 Juni 2019 di Kawasan Bintan Lagoon Resort, Bintan, Kepulauan Riau sukses menjaring ribuan animo baik dari pengunjung maupun peserta. Pada tahun ini event tersebut berhasil membukukan sekitar 4.000 orang wisman, dengan rincian sebanyak 1.300 orang sebagai peseerta, selebihnya adalah keluarga peserta anggota tim atlit.

Hal ini naik secara signifikan jika dibandingkan dengan penyelenggaraan tahun 2017 yang menjaring jumlah peserta event mencapai 1.300 orang dari 37 negara. Kemudian di tahun 2018, jumlah peserta juga mencapai 1.300 orang. Namun, jumlah negara yang berpartisipasi bertambah tepatnya sebanyak 49 negara.

Menurut Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata, Dessy Ruhati di Jakarta (09/06/2019), menyatakan bahwa Bintan Triathlon merupakan ajang sport tourism yang menghadirkan ribuan peserta dari puluhan negara sehingga menjadi ajang sport tourism yang sangat efektif bagi Kementerian Pariwisata mempromosikan pariwisata dan menjaring wisman.

Senada seperti yang disampaikan juga oleh Esthy Reko Astuty, Ketua Tim Calendar of Event Kementerian Pariwisata bahwa Bintan Triathlon juga memiliki event yang sangat menyenangkan untuk keluarga bertajuk Fun Duo Race Challange. Event ini mencakup berenang sepanjang 150 meter dan berlari sejauh 1,5 kilometer hingga finish. Lalu bersepeda sejauh 40 kilometer, dan berlari sejauh 10 kilometer. Kemudian kategori Sprint Distance meliputi berenang sepanjang 750 meter, bersepeda sejauh 20 kilometer, dan berlari sejauh 5 kilometer.

Peserta Bintan Thriatlon 2019 IstPeserta Bintan Thriatlon 2019 (Ist)

Berikutnya, Youth Distance meliputi berenang sepanjang 300 meter, bersepeda sejauh 12 kilometer, dan berlari sejauh 3 kilometer. Kemudian Kids Distance meliputi berenang sepanjang 150 meter, bersepeda sejauh 6 kilometer, dan berlari sejauh 1,5 kilometer.

Keseruan Bintan Triathlon sendiri sangat dinikmati oleh keluarga yang menjadi peserta Bintan Triathlon. Mereka adalah keluarga Middleditch terdiri dari Emma bersama saudara perempuannya, Louisa Middleditch, dan ayahnya James Middleditch. Menariknya, mereka semua mampu menyentuh garis finish. Tidak hanya Emma yang menjadi juara. Louisa menempati posisi runner up Sprint Distance, tepat di belakang Emma. Sedangkan sang ayah, James Middleditch menjadi juara Sprint Distance kategori usia 40-49 tahun.

Emma Middleditch sendiri sudah beberapa kali mengunjungi Bintan. Dia juga terlibat dalam Bintan Triathlon tahun sebelumnya. Ia menggambarkan bahwa venue tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada rute bersepeda, ia mengaku sedikit lebih susah karena melewati bukit, namun terbayarkan dengan suguhan pemandangan yang luar biasa yang didapatnya./ JOURNEY OF INDONESIA

Last modified on Monday, 10 June 2019 06:02