Keluar Dari Zona Nyaman, Ryo Domara Rilis Single Goyang Ga Umum

By Yulia November 08, 2019 59
Keluar Dari Zona Nyaman, Ryo Domara Rilis Single Goyang Ga Umum Ryo Domara lepas singlenya yang bergenre pop alternatif namun tetap simple dengan judul Goyang Gak Umum" (Yulia)

Musisi asal Semarang, Jawa Tengah, Ryo Domara tampil mengejutkan di tahun ini. Berkolaborasi dengan beberapa musisi beken seperti Bongky dan Harry Budiman, Ryo begitu biasa dia disapa merilis sebuah single baru yang berjudul 'Goyang Ga Umum'.

"Ini hal baru buat gue dan keluar dari zona nyaman selama ini, akhirnya gue keluarin single pertama. Sudah terlalu lama bermain di dunia seperti itu akhirnya pingin sesuatu yang lebih, pingin keluar dari sesuatu yang gue geluti karena selama ini hasilnya hanya gitu-gitu aja," ujar Ryo disaat jumpa wartawan di kawasan Depok, Jawa Barat pada Kamis (8/11).

Ryo Domara selama ini dikenal merupakan sebagai musisi yang selalu mendengarkan apa kata hatinya. Pria berambut gondrong dan selalu menggunakan topi ini terbilang musisi yang idealis dengan karya musiknya. Di belantika musik tanah air, namanya sudah tidak asing lagi di banyak kalangan musisi senior lantaran ia pernah bekerjasama bersama Erwin Gutawa dalam album Rockerstra dalam single 'Hilangnya Seorang Gadis', serta terlibat di konser 17 panggung bersama Tohpati, dan lain-lain.

Berkat partisipasi itu, Ryo Domara mendapat kepercayaan untuk membuat aransemen musik serta lirik. Beberapa karya lagunya dilantukan oleh grup band serta solois. Sepak terjang pria kelahiran 6 April Itu pun dikenal sangat baik oleh beberapa musisi seperti Roy Jeconiah, Eros SO7, Bongky BIP, serta Harry Budiman seorang Arranger senior yang sampai sekarang bersahabat dengan Ryo Domara.

Dengan karakter vokal yang kuat Ryo Domara memutuskan untuk merelease single pertamanya yang berjudul 'Goyang Gak Umum', single yang bergenre pop alternative ini juga memadukan beberapa instrumen Iain seperti kendang, tabla dan suling sehingga membuat single Goyang Gak Umum ini menjadi single Iagu yang paling berbeda dengan 7 single lainnya di dalam album Ryo Domara nanti yang bernama 'Terimakasih'.

IMG20191107195643Ryo Domara (Yulia)

"Lagu ini merupakan perjuangan gue dengan diri sendiri, itu adalah hal terberat. Pada akhirnya gue pingin ngajak orang senang dengan single yang simple-simple aja dan menjangkau orang-orang yang selama ini dengar musik gue," beber Ryo.

Harry Budiman sebagai arranger yang hadir pada kesempatan yang sama membuat sesuatu yang berbeda dan gak umum, Intinya dalam lagu ini Ryo ingin solonya ini bisa sampai ke masyarakat hingga terpilihnya lagu ini menjadi single pertamanya. "Lagu pertamanya ini memang sengaja dipilih untuk memberikan sesuatu yang berbeda dan gak umum buat Ryo. Kita pingin senang-senang dalam arti solonya dia sampai ke masyarakat yang paling cocok ya lagu ini," aku Harry Budiman.

'Goyang Gak Umum' yang diciptakan Ryo Domara dan Harry Budiman seorang sahabat dan juga selaku arranger dalam single ini, menceritakan tentang kisah nyata dimana dalam setiap pertunjukan konser selalu ada penonton yang selalu datang sendiri tanpa dijemput oleh temannya, menikmati musik dan bergoyang enak-enaknya sendiri tak perlu aturan harus sama dengan goyangan penonton yang lainnya. "Gue sering ngobrol sama produser dan Erick Soekamti, gue membahas soal single ini yang rencananya juga akan dibuatkan album. Lagu ini, gue keluar dari zona nyaman tapi gue butuh keberanian dan berusaha untuk maksimal," ucap Ryo Domara.

"Gue rekaman cuma berdua sama mas Harry Budiman. Jadi, gue tektokan cuma berdua tapi itu justru lebih enak, rekaman sepi jadi lebih fokus," sambungnya.

Sebagai musisi, Ryo Domara selalu mendengarkan beberapa genre musik seperti rock, reggae, dan ska. Meskipun dirinya pecinta musik bergenre Grunge. Dari situlah, ia mendapat inspirasi untuk single perdananya tersebut. "Pada awalnya gue memang solois di album mas Erwin Gutawa dan gabung dengan Eros di Garuda di Dadaku, solo juga. Ini juga beda dengan yang gue lakuin kemarin," beber Ryo.

"Jujur gue udah capek ngeband, karena gue pingin balik jadi solois lagi," lanjutnya.

Sebuah single perdana yang ditemukan oleh kejelian seorang Harry Budiman. Ryo yang pernah mengisolasi diri selama satu setengah tahun akhirnya mendapat inspirasi ketika melihat video klip Ahmad Albar seorang rocker legend dengan lompatan yang mengejutkan dengan menyanyikan lagu 'Zakia'. "Ahmad Albar seorang rocker legend bisa melompat ke arah dangdut dengan tidak merubah style sebagai rocker tapi bisa merubah karir rocknya tidak hanya sampai disitu saja," beber Ryo.

Dengan lagu ini Ryo berharap mencoba sesuatu yang baru dan murni keluar dari zona nyamannya, hingga bisa dibilang lagu ini menjadi trade mark awal bangkitnya Ryo kembali di industri musik tanah air.

Ryo Domara menambahkan bahwa ia ingin karya Iagunya bisa merealisasikan permintaan teman-teman, komunitas atau follower di sosial media. Oleh karena itu, Ryo mencoba mengkolaborasikan beberapa genre musik di dalam lagu “Goyang Gak Umum”. Di bawah manajemen Ran Entertainmen, Ryo juga sudah menyiapkan beberapa strategi untuk bersaing di belantika musik Tanah Air. Bahkan, ia sudah berencana membuat video musik serta materi Iagu untuk album. Ryo pun mengucapkan terima kasih kepada Sang Pencipta serta manajemen terutama bunda Rani.

"Mudah-mudahan lagu ini bisa menyenangkan bagi yang mendengarkannya. Dalam album Ryo nanti juga akan ada berbagai genre. Dengan single ini sekaligus kami ingin mengenalkan sosok Ryo ini seperti apa. Tentunya dengan tetap menebarkan energi positif dari setiap lagu-lagunya," pungkas Harry Budiman./ JOURNEY OF INDONESIA

Last modified on Friday, 08 November 2019 15:28