Aura Kasih Ajak Milenial Pakai Kain Tenun Songket

By Ibonk November 08, 2019 125
Aura Kasih Ajak Milenial Pakai Kain Tenun Songket Aura Kasih dan Anna Mariana (Ihsan)

Ada yang manarik perhatian ketika menyaksikan Aura Kasih menghadiri acara akad nikah sahabatnya di Wannabe Resto and Cafe, Kamis pada (08/11) semalam. Betapa tidak? Aura Kasih terlihat cantik dengan atasan bewarna gelap dipadupadankan dengan bawahan motif tenun bewarna marun. Cukup serasi dengan keberadaan pasangannya Eryck Amaral, yang mengenakan tenun motif bewarna kuning.

Aura Kasih yang memiliki nama Shahiyani Febri Wiraatmadja ini mengaku menjadi sangat cantik ketika mengenakan kebaya dengan kain tradisonal, terutama saat datang ke sebuah pesta. Ia berpendapat bahwa kebaya, kain tenun dan songket itu identitas kita. "Sebagai public figure saya merasa harus sering tampil dengan kain tradisional,” ungkap Aura.

Aura menyebut penggunaan kain tradisi seperti tenun dan songket, bukan hanya untuk orang tua, dan sangat mungkin dikenakan pula oleh kaum milenial. “Asal designnya ready to wear dan memperlihatkan ciri kekinian saja. Dengan begitu tenun dan songket masih cukup bisa digunakan kapan saja. Saya pernah bikin ready to wear di atas motif kain tenun Sumba yang bergambar cicak,” kata Aura yang mengaku mengoleksi beragam kain tenun Indonesia.

Aura Kasih dan Eryck Amaral IhsanAura Kasih dan Eryck Amaral (Ihsan)

Menurutnya lagi dengan mengenakan kain tenun Bali dan kebaya lengan pendek seperti yang tengah dkenakannnya malam itu, ia merasa menjadi sangat Indonesia, “Jadi lebih pede, sekaligus merasa lebih cantik,” tandas Aura.

Ketika disinggung pernyataannya dengan penyelenggaraan ajang Putra Putri Tenun Songket yang digagas Anna Mariana pada bulan Desember 2019, Aura Kasih dengan tegas mendukung kegiatan tersebut. "Saya jelas mendukung kegiatan tersebut. Ini adalah sebuah kegiatan penting yang melibatkan kaum milenial agar mau ikut melestarikan sekaligus mengembangkan kain-kain tradisi leluhur,” katanya

Aura juga mengingatkan peran para public figure menjadi sangat penting untuk mau tampil dengan kain tradisi di berbagai kesempatan, agar kaum milenial ikut tertarik mengenakannya./ JOURNEY OF INDONESIA