Jadi Senator Termuda, Jialyka Maharani Suarakan Aspirasi Kaum Milenial

By Yulia September 29, 2019 314
Jadi Senator Termuda, Jialyka Maharani Suarakan Aspirasi Kaum Milenial Jialyka Maharani (Ist)

Terpilih menjadi senator dari Provinsi Sumatera Selatan, Jialyka Maharani siap menjawab tantangan di dunia politik yang mewakili suara kaum milenial. Jialyka Maharani menjadi sorotan karena dirinya tercatat sebagai senator termuda yang terpilih untuk periode 2019-2024 mendatang.

Lulusan Program Vokasi Komunikasi Universitas Indonesia itu berhasil meraih simpati masyarakat dengan mengumpulkan 337.954 suara (data KPU). Wanita kelahiran 20 September 1997 ini siap mewujudkan komitmen untuk memajukan generasi muda.

"Buat saya, ini merupakan prestasi luar biasa. Saya sadar sebagai pemula yang bersaing ketat dengan semua senior lama di dunia politik, pastinya akan menjadi tantangan terbesar. Saya mewakili suara milenial, yang juga prihatin dan ingin melakukan perbaikan bagi daerah kami dan tentu berdampak nasional nantinya," ujar Jialyka, Minggu (29/9/2019).

Menurutnya untuk bisa membuat perubahan, tidak mungkin bermain di luar arena. Dia harus berani terjun langsung ke dalam Senayan. "Walau tidak mudah khususnya bagi saya pemain baru dibidang politik, tetapi berkat dukungan keluarga, teman-teman di organisasi dan para konstituen didaerah pemilihan justru mengubah pandangan saya, diusia muda inilah kesempatan emas berani menyuarakan aspirasi masyarakat muda di Indonesia agar Indonesia maju ke depan," ungkap Jialyka.

Jialyka Maharani 2 IstJialyka Maharani (Ist)

Dia banyak mendapat pengalaman saat menjalani kampanye selama setahun belakangan dengan mengunjungi 17 Kabupaten/Kota di Sumsel. Tentunya, Jia juga harus mengetahui tugas dan fungsi anggota senator, termasuk memperjuangkan dan menyuarakan potensi dan aspirasi yang ada di seluruh Sumatera Selatan untuk lebih didengar ke tingkat nasional.

“Salah satu visi saya ketika nanti di DPD RI adalah menngembangkan industri kreatif dalam mengakomodir kalangan milenial yang memang berada di ruang lingkupnya selama ini. Selain itu, saya juga akan memperjuangkan pemberdayaan kaum ibu sebagai guru madrasah utama bagi anak-anaknya, tidak hanya mengajarkan kepintaran tapi juga akhlak dan moral yang baik. Termasuk menyuarakan aspirasi anak muda di Sumsel yang sudah berhasil ikut menyukseskan Asian Games 2018 lalu," tuturnya.

Pastinya, ditambahkan Jialyka, sebagai orang muda, untuk tidak lelah belajar, membekali ilmu sebanyak mungkin. "Peka terhadap kondisi di lapangan saat ini tapi juga memahami aturan main bagaimana menyalurkan aspirasi ini pada tempat dan waktu yang tepat," ucapnya./ JOURNEY OF INDONESIA