Meriahkan HUT Jakarta, Accor Culinary Journey Sajikan Autentik Betawi

By Ibonk June 26, 2019 474
Meriahkan HUT Jakarta, Accor Culinary Journey Sajikan Autentik Betawi Gabus Pucung (Ibonk)

Memeriahkan momen perayaan HUT ke-492 Jakarta, Accor group menyuguhkan sebuah perjalanan kuliner lewat sajian-sajian prasmanan atau buffet serta menu spesial. Lewat event Accor Culinary Journey, mereka menyajikan 2 masakan autentik Betawi yakni Soto Betawi dan yang sudah jarang ditemui, yakni Gabus Pucung.

Accor Culinary Journey sendiri adalah program yang digelar sepanjang tahun. Lebih dari 120 restoran di hotel-hotel Accor Indonesia, menampilkan keragaman sajian masakan serta cita rasa unik hasil olahan para tim kuliner. Sedikit info dan perlu diketahui adalah, olahan masakan Gabus Pucung sendiri sudah masuk dalam daftar Warisan Budaya Tak Benda Indonesia.

Untuk membuktikan keseriusan mereka, pada Selasa (25/06/19) lalu bertempat di Pullman Jakarta Central Park, diadakanlah event Media Gathering, Live Cooking Show and Food Tasting yang melibatkan para chef dari restoran-restoran hotel Accor di wilayah Jakarta dan Tangerang. Para chef tersebut, melakukan demo masak kedua menu spesial tersebut.

Pertama sekali adalah menyaksikan mereka menunjukkan secara langsung bagaimana mengolah masakan soto Betawi ala hotel Accor yang baik dan enak. Para undangan dapat berinteraksi dengan para chef untuk bertanya proses memasak dan lain sebagainya. Bagi orang Jakarta, tentu sudah tidak asing lagi dengan hidangan ini.

Soto Betawi IbonkSoto Betawi ala hotel Accor (Ibonk)

Tak hanya itu,mereka juga memberikan tips mengolah daging agar empuk dan tidak keras. Menurut Nur Rahmat, Executive Chef Mercure Convention Center yang harus jadi perhatian ialah memilih daging yang berkualitas."Kuncinya daging harus segar, berwarna cerah, tidak berlendir, dan berbau tidak sedap", ungkapnya.

Sewaktu mengolahpun yang harus diperhatikan adalah apinya. Banyak yang tidak sabar saat memasak soto Betawi dan menggunakan api besar. "Padahal pada masa lalu, mengolah soto Betawi dengan api kecil, sehingga membawa cita rasa jadi lebih baik. Untuk waktunya itu hampir sekitar satu jam," tandasnya.

Begitupun dengan tim kedua yang juga mengolah masakan Gabus Pucung. Masakan yang merupakan hasil olahan ikan Gabus dengan Pucung atau Kluwak, rempah berwarna hitam pekat. Disini mereka juga tidak hanya menunjukkan bagaimana cara mengolah masakan tersebut, tapi juga memberikan tips bagaimana mendapatkan ikan gabus yang baik dan bagaimana cara menghilangkan bau anyir pada ikan tersebut, sehingga menjadi sajian lezat dengan tampilan yang tak kalah menariknya.

Ikan gabus juga diinfokan memiliki manfaat untuk kesehatan, selain sumber protein yang baik, juga kaya akan Omega 3,dan berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka maupun manjur untuk membentuk otot. Dari segi rasa, Gabus Pucung sangat gurih. Kuahnya yang hitam sangat lezat bila dipadukan dengan nasi putih.

Lisa P. Sanjoyo General Manager Mercure Jakarta Cikini IbonkLisa P. Sanjoyo, General Manager Mercure Jakarta Cikini (Ibonk)

Sebelumnya menurut Lisa P. Sanjoyo, General Manager Mercure Jakarta Cikini, dipilihnya menu Gabus Pucung menjadi salah satu menu yang disajikan dilatarbelakangi karena makanan ini sekarang sudah sangat susah ditemui. "Jikapun ada mungkin hanya di tempat tertentu, seperti di restoran khas Betawi, yang mungkin saja ada dipinggir Jakarta. Karena itu, lewat momen HUT Jakarta, kami ingin memperkenalkan kembali sajian autentik Betawi yang tak kalah lezat, dan mungkin banyak orang belum tahu,” ungkapnya.

Selepas live cooking show, para undangan pun bisa menikmati langsung kedua menu spesial tadi. Berbagai jenis menu lokal lain tersaji dalam bentuk prasmanan atau buffet, seperti gado-gado, asinan Betawi, dadar gulung, serabi, es dawet, jajanan pasar dan lainnya.

Dalam event Accor Culinary Journey ini, para tamu yang berkunjung ataupun menginap di hotel Accor wilayah Jakarta dan Tangerang, bisa menikmati menu spesial Soto Betawi dan Gabus Pucung ini sampai 31 Juli 2019. Sajian autentik Betawi ini tersedia di 29 hotel dari merek Pullman, Grand Mercure, Novotel, Mercure, Ibis Styles dan Ibis yang berpartisipasi.

Sajian Soto Betawi dan Gabus Pucung dapat dinikmati di seluruh restoran-restoran Hotel Accor dengan harga bervariasi mulai dari Rp80.000/porsi di ibis Styles dan ibis, Rp110.000/porsi untuk Mercure dan Novotel, hingga Rp130.000/porsi untuk Grand Mercure dan Pullman. Untuk pemegang kartu cobrand CIMB Niaga Le Club AccorHotels, maka dapat menikmati diskon hingga 50% (syarat dan ketentuan berlaku)./ JOURNEY OF INDONESIA