Menikmati Ratusan Anggrek Langka di Rumah Anggrek Orchid Forest Cikole

By Ibonk August 24, 2018 556
Menikmati Ratusan Anggrek Langka di Rumah Anggrek Orchid Forest Cikole Orchid House (Rumah Anggrek) di Orchid Forest Cikole yang menyimpan ratusan jenis anggrek langka (Ibonk)

Sesuai dengan namanya, Orchid Forest Cikole memang identik dengan keberadaan tanaman anggrek yang menjadi daya tarik utama tempat ini. Selain memang udara sejuk hutan, traveler juga dapat melihat keindahan bunga anggrek yang termasuk langka di dunia dan terpajang di rumah anggrek atau biasa disebut Orchid House.

Di Orchid House, pengunjung dapat menikmati keindahan bunga anggrek yang sangat jarang ditemukan. Silakan saja mempersiapkan diri untuk terpesona dengan beragam bentuknya yang indah dan tak lazim. 

Saat memasuki rumah anggrek, maka pengunjung akan menjumpai kali pertama bunga anggrek papio, yang memiliki kumis dan biasanya memiliki warna merah. Bunga ini berasal dari Kalimantan. Ada pula papio japanicum dari Jawa Barat.

"Kami memiliki 150 anggrek spesies langka. Salah satu yang langka bentuknya ada kumis. Warna merah dari Kalimantan, dan papio japanicum dari Jawa Barat. Ini termasuk keluarga dendrobium dan semua yang ada di sini langka, hanya terdapat di Indonesia (Kalimantan, Jawa Barat) dan Filipina," ungkap Jaelani, seorang ranger di Orchid Forest Cikole ini pada Kamis malam (23/08/19) pada JOI.

02 Salah satu jenis anggrek yang umum di temukan IbonkSalah satu jenis anggrek yang umum di temukan (Ibonk)

Lebih lanjut, Jaelani menjelaskan bahwa para penyuka tanaman ini tidak hanya pada bunganya saja, tapi juga pada akar, dan daun. Salah satu yang paling bagus karena keindahan daunnya adalah bunga anggrek dasi. Berasal dari  Papua, anggrek yang satu ini mempunyai daun panjang bisa satu meter. Anggrek dasi ini ini memiliki nama latin bulbophylum phalaenopsis.

“Ada juga anggrek pandan, karena bentuknya mirip pandan dan asli dari Jawa Barat. Jenis ini memiliki tiga spesies ada vanda helvola (wangi vanilla), vanda tricolor (melati), vanda swapis (melati lebih menyengat). Lalu ada vanda douglas dari Jawa Barat, bunga lebih besar,” urainya.

Kemudian ada juga bunga anggrek bulan yang masuk kategorisasi anggrek hybrid yakni merupakan hasil perkawinan dengan jenis anggrek lain. Bunga anggrek ini merupakan orisinil dari anggrek hybrid phalaenopsis amabilis.

Lalu, ada anggrek oncidium golden shower yang tidak memiliki aroma namun memiliki keindahan yang ada bunga, bentuknya unik dan berbentuk seperti hewan kupu-kupu. Bentuk bunga paling besar 15 sentimeter. 

03 Beberapa jenis anggrek yang dapat di temukan di Orchid House IbonkBeberapa jenis anggrek yang dapat di temukan di Orchid House (Ibonk)

“Ada lagi anggrek tanah karena munculnya dari tanah (calanthe triplicata) kemudian ada anggrek black magic dari Amerika, lalu ada bunga anggrek dracula mix simia (bentuk bunganya mirip seperti wajah monyet),” tambahnya.

Di Orchid House ini, pengunjung tak hanya dapat menikmati keindahan bunga anggrek. Anda juga bisa membeli dengan harga bervariasi, atau bagi yang gemar berswafoto, dapat menemukan sudut-sudut indah yang instagramable untuk berfoto. Anda dapat memilih berfoto di Gerbang Anggrek, lambang Orchid, Secret Garden dengan pemandangan hutan, Green House, hingga Galeri Anggrek./ JOURNEY OF INDONESIA