Menikmati Udara Sejuk yang Instagramable di Kawasan Candi Gedong Songo, Semarang

By Yulia March 06, 2020 629
Menikmati Udara Sejuk yang Instagramable di Kawasan Candi Gedong Songo, Semarang Ayana Gedong Songo

Kota Semarang yang dikenal sebagai kota wisata dan kuliner, ternyata juga menyimpan keindahan lain yang mempunyai sejarah peninggalan budaya Hindu. Kawasan ini terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Kawasan yang berada di lereng Gunung Ungaran ini bernama Gedong Songo.

Di kompleks percandian Gedong Songo ini, kita dapat menikmati udara sejuk dan juga pemandangan alam yang memanjakan mata. Selain diapit oleh pemandangan Gunung Ungaran dari atas terlihat juga danau Rawa Pening yang letaknya berada di bawah kawasan percandian Gedong Songo.

Gedong Songo terletak diketinggian 1.200 m diatas permukaan laut, makanya tak heran jika kita tiba di kompleks percandian ini akan terasa suasana sejuk udara pedesaan. Kawasan ini juga memiliki sembilan Candi yang tersebar di sepanjang lereng Gunung Ungaran. JourneyofIndonesia berkesempatan melihat keseruan yang ada di komplek percandian ini pada Kamis (5/3/2020) dan melihat penanaman1000 pohon program Siap Darling yang digagas oleh Djarum Foundation.

Kompleks wisata yang kini telah berubah menjadi tempat yang cocok dinikmati oleh keluarga ini juga sekaligus banyak spot yang instagramable bagi penikmat fotografi. Bahkan beberapa spot ini pernah viral di media sosial beberapa waktu lalu.

Ada lebih dari 35 spot foto yang bisa dikunjungi wisatawan di kawasan ini YuliaAda lebih dari 35 spot foto yang bisa dikunjungi wisatawan di kawasan ini (Yulia)

Ada lebih dari 35 spot foto yang bisa dikunjungi wisatawan di kawasan ini. Selain memiliki 9 candi, Gedong Songo juga memiliki kawasan baru yang diberi nama Ayana Gedong Songo.

Untuk sampai di lokasi Gedong Songo, wisatawan dikenakan tiket Rp.10.000 untuk wisatawan domestik dan Rp.75.000 bagi wisatawan asing. Bagi yang ingin masuk ke area Ayana Gedong Songo, pengunjung dikenakan biaya kembali sebesar Rp.10.000 untuk anak-anak dan dewasa Rp.20.000. Dikawasan inilah, pengunjung dapat berselfie ria di 35 spot foto yang instagramable.

Walaupun begitu yang disayangkan, disini pengunjung di beberapa spot masih harus mengeluarkan kocek kembali jika ingin berfoto di dalamnya. Seperti Bubble berukuran besar dengan membayar sebesar Rp.10.000.

Bagi yang baru pertama kalinya berkunjung di kawasan ini, perlu diingat jika spot dan fasilitas yang ada di Ayana Gedong Songo bukanlah rest area, hingga dianjurkan sebaiknya tidak duduk berlama-lama di sini karena banyak juga yang antri untuk berfoto.

Bubble merupakan spot instagramable yang cukup banyak dinikmati YuliaBubble merupakan spot instagramable yang cukup banyak dinikmati (Yulia)

Naik ke atas kita dapat temui beberapa candi yang ada di kawasan ini. Candi-candi tersebut dapat kita tempuh dengan jalan menanjak berjarak kurang lebih 4 km. Namun, jika datang di musim penghujan, wisatawan yang berkunjung di komplek percandian ini diminta berhati-hati, karena jika hujan akan turun kabut yang cukup menghambat pemandangan.

Suasana pegununganpun semakin asri dengan banyaknya pepohonan kanan kiri yang berwarna warni dan memanjakan mata. Pengunjung juga disediakan sarana transportasi dengan menggunakan kuda, karena jalan yang menanjak cukup membuat lelah juga jika ingin sampai pada lokasi candi ke-9 dengan berjalan kaki. Dengan membayar Rp.50.000 - Rp.150.000,-(tergantung berat badan), kita dapat menikmati kawasan candi dengan duduk di atas kuda sampai ke atas dengan didampingi oleh pemilik kuda.

Lokasi kawasan percandian Gedong Songo ini tepat berada di Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kab. Semarang, Jawa Tengah, atau sekitar 45 menit dari kota Semarang.

Jika berkunjung di hari Sabtu dan Minggu, biasanya jalan menuju ke Bandungan ini seringkali mengalami kemacetan karena banyaknya pengunjung yang akan berwisata ke tempat ini. Nah bagaimana tertarik untuk mengunjungi kawasan candi Gedong Songo? Jangan lupa selalu menjaga kelestarian alam dengan membuang sampah pada tempatnya.

Selamat berlibur!/ JOURNEY OF INDONESIA