Tanjung Lesung Mulai Berbenah

By Rachmat Basuki January 12, 2017 304
Tanjung Lesung Mulai Berbenah Calender of event adalah sebuah usaha untuk memperkenalkan geliat wisata di Tanjung Lesung (Ibonk)

Tim Percepatan 10 Top Destinasi Prioritas, yang oleh Menpar Arief Yahya sering dijuluki "10 Bali Baru" semakin dipercepat. Tiap Minggu, tim yang dipimpin Hiramsyah Sambudy Thaib ini mencatat perkembangan demi perkembangan di lapangan, terkait dengan 3A, yakni Akses, Atraksi, dan Amenitas yang sudah dicapai, dan pekerjaan yang sedang dilakukan seminggu ke depan.

Salah satunya, yang dilaporkan Ida Irawati, PIC Destinasi Tanjung Lesung, Banten. Apa yang terjadi di Banten? "Soal aksesibilitas, progress jalan tol Serang-Panimbang, BPJT merencanakan, akhir Januari 2017 ini sampai di tahap proses tanda tangan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT). Lalu soal perubahan RTRW, Pemprov Banten untuk mengakomodir jalan tol Serang-Panimbang itu, sedang diproses Bappeda Pemprov Banten dengan Kemen-ATR," jelas Ida.

Selain itu, soal re-aktivasi KA dengan Kemenhub dari Rangkasbitung-Pandeglang-Saketi-Labuhan, sudah dilaksanakan Studi Trase & DED Tahun 2016. Termasuk proses Amdal di tahun 2017 ini. "Bupati Pandeglang sudah mengirimkan surat kepada KemenPUPR atas kondisi ruas jalan Nasional yang rusak di daerah Labuan-Cibaliung, dan jalan hancur akibat banjir dari Labuan-Citeureup. "Jembatan dan gorong-gorong juga waspada roboh. Saat ini tengah diproses di Balai IV, KemenPUPR," ungkapnya.

"Rencana Pembangunan Infrastruktur Terpadu dari BPIW, KemenPUPR tahun 2017 untuk KEK Tanjung Lesung sudah tertuang dalam DIPA 2017 sebagai bentuk dukungan Infrastructure untuk 10 Destinasi Pariwisata Prioritas," tambah Ida.

Bagaimana dengan Atraksi? Tahun Baru 2017 di KEK TanjungLesung, okupansi kunjungan wisatawan di Villa Kalicaa & Hotel 100% disambut dengan tarian kolosal historis Tanjung Lesung oleh para siswa siswi Kampung Cikadu, buffer zone KEK Tanjung Lesung.

Lalu, Program Calendar of Event 2017 Pemprov Banten, ada Banten Beach Festival, Seba Baduy & Festival Tanjung Lesung. Sedangkan Calender of event dari Pengelola Tanjung Lesung 2017 sendiri, Cross Triathlon Event, Amazing Family Race serta memperkuat peranan ASITA Banten dalam membuat paket paket program sebagai upaya peningkatan kunjungan wisatawan ke Tanjung Lesung.

"Kami juga sedang mempersiapkan program sosialisasi Digital Market Place, dengan Indonesia Travel Xchange (ITX) yang diendors Kemenpar untuk memberikan materi Go Digital pada para pelaku bisnis pariwisata di Banten dan Tanjung Lesung. Karena trend saat ini, semua travellers sudah 75% search dan share dengan digital. Bahkan sampai booking dan payment, sudah dilakukan dengan smartphone atau komputer personal mereka," jelas Ida. /JOURNEY OF  INDONESIA