Masih Di Masa PPKM, Yuk Buat Bucket List Wisata ke Pulau Pramuka

By Ibonk August 16, 2021 1315
Masih Di Masa PPKM, Yuk Buat Bucket List Wisata ke Pulau Pramuka Pulau Pramuka (Ist)

Walau saat ini kita belum bisa pergi berwisata, dikarenakan kebijakan PPKM yang mengharuskan kita berdiam diri di rumah untuk memutus jerat pandemi yang masih menjadi momok menakutkan.

Walaupun terasa berat, mau tak mau kita harus mendukung penuh aturan yang telah ditetapkan pemerintah untuk menekan lonjakan kasus Covid-19. Dengan mengikuti program vaksinasi yang dianjurkan pemerintah pula, kita sudah membantu negeri ini mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity, supaya pariwisata dan ekonomi kreatif bisa segera bangkit.

Nah di masa tidak kemana-mana ini, tak ada salahnya jika kita membuat bucket list wisata terlebih dahulu. Rekomendasi liburan kali ini jatuh ke salah satu pulau yang berada di gugusan Kepulauan Seribu yang menyimpan beragam pesona alam yang wajib untuk dikunjungi.

Berkunjung ke destinasi ini pasti tidak akan merasa bosan menjelajahi pulau-pulau yang ada di sana. Bahkan Menpar Sandiaga Salahuddin Uno juga menegaskan bahwa Kepulauan Seribu merupakan ikon dari pariwisata, saat berkunjung ke Pulau Pramuka pada 13 Agustus 2021 lalu.

Salah satu pulau yang wajib masuk bucket list liburan adalah Pulau Pramuka. Keindahan alam Pulau Pramuka serta keramahan penduduknya terhadap wisatawan tidak perlu diragukan lagi.

Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau yang berpenduduk dan sekaligus menjadi Pusat Pemerintahan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Bahkan Pulau Pramuka lebih dahulu dikenal masyarakat sebelum Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Harapan, Pulau Bidadari, dan pulau-pulau lainnya.

Hutan mangroove IstHutan mangroove (Ist)

Asal usul nama Pulau Pramuka sendiri didapatkan karena pada tahun 1950-an hingga 1970-an banyak diadakan kegiatan Pramuka di pulau ini. Untuk mencapai ke sana, kita harus menempuh jalur laut selama 1,5 jam dari Dermaga Marina Ancol dengan menggunakan kapal speed boat, atau sekitar 2,5 jam perjalanan menggunakan kapal kayu dari Muara Angke. Namun, perjalanan tersebut tidak akan terasa karena banyak ditingkahi dengan semilir angin, deruan ombak, dan melihat pemandangan indah di sekitarnya.

Sesampainya di sana, pengunjung dapat mencoba objek wisata snorkeling untuk melihat langsung indahnya terumbu karang di dasar laut dan juga merasakan berenang bersama ikan hias yang ada di sekitar terumbu karang.

Apalagi bagi pecinta konservasi alam sejati, maka patutlah mengunjungi Pusat Konservasi Penyu Pisik. Di sana penyu-penyu yang saat ini dilindungi, dikembangbiakkan dan dirawat dalam satu area di mana para wisatawan yang datang dapat menyentuh langsung penyu pisik ini. Selain itu, pengunjung juga akan mendapatkan wawasan lengkap mengenai spesies yang satu ini. Penyu-penyu yang telah cukup umurnya akan dilepaskan di tepi pantai dengan melibatkan para wisatawan yang berkunjung.

Fasilitas yang ditawarkan Pulau Pramuka juga terbilang lengkap, mulai dari penginapan hingga rumah makan tersedia di sana. Untuk yang ingin melakukan olahraga air seperti scuba diving dan snorkeling tidak perlu khawatir, karena tempat ini menjadi satu-satunya lokasi yang memiliki jasa penyewaan dan penyedia layanan menyelam yang sudah tersertifikasi Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability (CHSE).

Nah, sembari menunggu dibukanya akses berwisata ke Kepulauan Seribu, khususnya Pulau Pramuka, kamu bisa follow akun IG @pesonaid_travel, Facebook : @pesonaid_travel  atau kunjungi website www.indonesia.travel untuk mendapatkan beragam informasi menarik lainnya yang bisa jadi inspirasi liburanmu nanti.

Jangan lupa untuk selalu patuhi protokol kesehatan dengan disiplin menerapkan 6M, mulai dari menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, dan menghindari makan bersama agar aktivitas berwisata nanti tetap aman dan nyaman./ JOURNEY OF INDONESIA